Sabtu, 27/04/2024 10:00 WIB

Hingga Februari, 240.000 Penerbangan Dunia Dibatalkan

Saat ini, akibat pandemi corona, jumlah penerbangan yang tersisa hanya 70 penerbangan saja

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan industri penerbangan memang alami tekanan yang begitu kuat di era pandemi Covid-19. Ada 240.000 penerbangan di seluruh dunia yang dibatalkan.

Angka tersebut masih bisa lebih besar mengingat, angka tersebut hanya dari periode Januari hingga Februari.

"Jumlah penerbangan yang dibatalkan adalah 240.000 (penerbangan di seluruh dunia)," ujar Sri Mulyani dalam rapat virtual dengan Badan Anggaran (Banggar), Senin (4/5/2020).

Menurut Sri Mulyani, untuk di Indonesia sendiri dampak dari virus corona pada penerbangan cukup besar. Salah satu buktinya adalah dengan berkurangnya jumlah penerbangan.

Semula, ada sekira 79.000 penerbangan yang ada di Indonesia baik rute internasional maupun domestik. Saat ini, akibat pandemi corona, jumlah penerbangan yang tersisa hanya 70 penerbangan saja.

"Penerbangan Indonesia sendiri yang tadi pagi disampaikan di dalam sidang kabinet dari 79 ribu sekarang tinggal 70 penerbangan, Jadi pasti semua lembaga atau perusahaan penerbangan mengalami tekanan yang sangat luar biasa," ucapnya.

Hal ini juga berdampak pada sektor pariwisata yang menjadi salah satu pendorong dan penyumbang devisa terbesar bagi negara. Namun karena adanya virus corona, ada sekitar 50 juta pekerja yang terancam akan kehilangan pekerjaannya.

"50 juta lebih dari pekerja di sektor pariwisata terancam akan kehilangan pekerjaan," ucapnya

Selain di Indonesia, dampak juga terasa di negara maju seperti Amerika Serikat. Tercatat ada 1000 pesawat maskapai Amerika yang harus berhenti beroperasi dan ada 25 juta pekerja yang berkaitan dengan sektor penerbangan terkena dampaknya.

"1000 pesawat maskapai Amerika di perjalanan berhenti beroperasi dan 25 juta pekerja yang berkaitan dengan industri penerbangan akan mengalami dampak," kata Sri Mulyani.

KEYWORD :

Sri Mulyani Covid-19 Penerbangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :