Jum'at, 19/04/2024 01:26 WIB

Calon Kepala Daerah PDIP Diwajibkan Tanam Pohon

Tema jalur rempah diangkat, sebagai wujud dari bagaimana perhatian luar biasa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terhadap alam raya. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Setiap calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan (PDIP) diwajibkan menanam pohon-pohon unyuk penghijauan di wilayahnya.

Secara simbolis, instruksi DPP PDIP itu akan diwujudkan dengan pemberian sebatang pohon saat pengumuman calon kepala daerah Rabu (19/2/2020).

"Ibu Megawati akan memberikan pohon. Sehingga seluruh gerakan mencintai lingkungan dan bumi menjadi sebuah spirit dan akan hidup selamanya di hati rakyat Indonesia," kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto dalam rapat kerja nasional (Rakernas) I di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Tema jalur rempah diangkat, sebagai wujud dari bagaimana perhatian luar biasa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terhadap alam raya.

Tujuannya adalah bagaimana masalah pangan dan obat-obatan harus menjadi fokus pembangunan bangsa ke depan. Dengan itu, PDIP ingin memastikan bahwa politik harus menyentuh aspek keseharian masyarakat lewat aksi jaga lingkingan, hidup bersih, yang intinya merawat bumi.

"Yakinlah, kalau kita merawat bumi, maka bumi akan juga mencintai kita," tegas Hasto.

Atas dasar itu pula, PDIP mencanangkan gerakan merawat bumi lewat gerakan menanam pohon demi menyelamatkan Sungai Citarum, Jawa Barat, di awal bulan ini. Sehingga menanam pohon pun menjadi aktivitas rutin.

"Ini akan dilanjutkan dan diawasi. Nanti kita harap ada laporan rutin, berapa banyak pohon yang telah ditanam oleh para kader kita yang duduk di eksekutif dan legislatif. Ini akan menjadi tolak ukur keberhasilan kepemimpinannya," ujar Politikus kelahiran Yogyakarta tersebut.

Di sisi lain, PDIP juga sudah mengeluarkan perintah bagi kadernya yang duduk di kepala daerah untuk menjaga urat nadi sungai di wilayahnya masing-masing. "Sebab politik harus berbicara soal kehidupan, bagaimana kita mengimplementasikan nilai ketuhanan yang menyatukan dan membebaskan lewat merawat kehidupan dan alam kita," ujarnya.

Selain merawat bumi, PDIP juga akan memastikan para calon kepala daerah untuk memahami serta memaknai rekam jejak peradaban bangsa. Maka itu, mereka akan diajak melakukan safari kebudayaan mengunjungi situs-situs purbakala. "Selain sebagai penghormatan, juga perwujudan bahwa tak ada bangsa besar yang tak menghargai sejarah bangsanya," tandas Hasto.

Di rakerda itu, Hasto ditemani oleh sejumlah pengurus pusat partai. Yakni Wasekjen Arif Wibowo dan Sadarestuwati, serta Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat.

KEYWORD :

Calon Kepala Daerah Megawati Soekarnoputri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :