Sabtu, 20/04/2024 14:54 WIB

Hingga Kamis Siang, Tol Dalam Kota Digratiskan

Penggratisan jalan tol dalam kota itu sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat atas banjir yang terjadi sejak Rabu (1/1/2020) malam

Menteri BUMN Erick Tohir

Jakarta, Jurnas.com - Hingga pukul 12.00 WIB, Kamis (2/1/2020) Tol Dalam Kota digratiskan. Hal ini setelah Kementerian BUMN berkoordinasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, penggratisan jalan tol dalam kota itu sebagai bentuk kompensasi kepada masyarakat atas banjir yang terjadi sejak Rabu (1/1/2020) malam. Akibatnya, sejumlah titik jalan tol tergenang dan tidak dapat dilalui.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk segera melakukan tindakan yang diperlukan demi mengurangi beban masyarakat yang terdampak banjir. Saya minta selanjutnya Jasa Marga dan BUMN lain yang mengelola jalan tol untuk segera melakukan tindakan preventif agar dapat meminimalisir dampak banjir ke jalan tol. Menggratiskan jalan tol tidak akan mengurangi beban masyarakat karena banjir, namun hal ini adalah sebagai kompensasi kepada pengguna jalan tol yang terdampak musibah ini," ujar Erick Thohir.

Penggratisan jalan tol itu berlaku untuk ruas Jalan Tol Cawang-Grogol-Tomang yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan ruas Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk mulai 18.00 WIB petang ini, Rabu (1/1), hingga Kamis (2/1) pukul 12.00 WIB.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pembebasan biaya penggunaan jalan tol pada pada jalan tol dalam kota yang terdampak banjir merupakan inisiatif Pemerintah dan BUJT sebagai wujud kompensasi kepada masyarakat.

"Pembebasan biaya penggunaan jalan tol ini dilakukan sambil menunggu perkembangan kondisi lapangan hingga banjir dan genangan di jalan tol surut," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani mendukung penuh kebijakan Pemerintah.

"Selaku operator jalan tol, kami terus berupaya agar pengguna jalan tol tetap merasa aman dan nyaman dengan melakukan penyedotan di beberapa titik genangan air, penyiagaan rambu dan petugas hingga melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan mengenai berbagai update informasi mengenai genangan air di jalan tol Jasa Marga," ujarnya.

 

KEYWORD :

BUMN Jasa Marga Tol Dalam Kota Erick Thohir jakarta banjir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :