Sabtu, 27/04/2024 07:37 WIB

AS Ingin Bangun Koalisi Global Lawan Iran

Pompeo mengatakan ingin membangun koalisi global melawan Iran, menyusul meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir di Riyadh saat menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: Reuters)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan ingin membangun koalisi global melawan Iran, menyusul meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Disampaikan jelang meninggalkan Washington, Pompeo mencoba mengingatkan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan sekutu Arab Sunni yang waspada akan kebangkitan Iran dan Syiah di kawasan Teluk.

Selanjutnya Pompeo akan terbang ke India, untuk kemudian bergabung dengan Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan di Jepang dan Korea Selatan.

"Kami akan berbicara dengan mereka, tentang bagaimana memastikan kami semua selaras secara strategis, dan bagaimana kami dapat membangun koalisi global, koalisi yang tidak hanya di negara-negara Teluk, tapi juga Asia dan Eropa," kata Pompeo.

"Sebab kami siap untuk menekan kembali negara sponsor teroris terbesar di seluruh dunia," tambah Pompeo menyindir Iran dikutip dari Associated Press.

Namun di tengah keras ancaman AS terhadap Iran, Pompeo sempat menyampaikan pesan Presiden Trump dan Wakil Presiden AS Mike Pence, bahwa Washington siap bernegosiasi tanpa prasyarat apapun, guna meredakan ketegangan.

"Mereka tahu persis bagaimana menemukan kami," ujar Pompeo.

Trump awalnya mengatakan Iran telah membuat "kesalahan yang sangat besar" dan "sulit untuk percaya" usai menembak drone militer AS pada Kamis lalu.

Trump kemudian mengatakan itu adalah tindakan yang tidak disengaja Iran, karenanya AS membatalkan serangan militer balasan terhadap Iran. Namun pada Sabtu lalu, Trump bersilat lidah dengan mengklaim bahwa Iran telah bertindak "secara sadar."

KEYWORD :

Amerika Serikat Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :