Sabtu, 27/04/2024 09:48 WIB

Enam Tips Puasa Tetap Sehat bagi Pengidap Maag

Pengidap maag tetap boleh puasa Ramadann sebab bisa mengistirahatkan kerja lambung yang sepanjang tahun sudah bekerja mencerna makanan.

Pengidap maag bisa tetap berpuasa dengan pola makan sehat (Foto: Instagram)

Jakarta, Jurnas.com - Anda memiliki maag dan ingin tetap berpuasa? Bisa atau tidaknya seorang penderita maag berpuasa tergantung dari jenis sakit maag yang diderita.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Dr. Ario Perbowo Putra, Sp.PD mengatakan dengan mengonsumsi makanan yang tepat maka lambung akan terhindar dari rasa nyeri ketika berpuasa.

“Jadi diharapkan tidak khawatir lagi para penderita sakit maag ketika berpuasa, penyakit maag justru akan bisa lebih terkontrol,” ucap dr Ario dari Rumah Sakit Evasari Awal Bros Jakarta.

Berikut adalah tips kesehatan di bulan puasa bagi pengidap maag:

1. Boleh berpuasa

Pengidap maag tetap boleh puasa Ramadan, sebab pada dasarnya puasa Ramadan itu baik untuk lambung karena akan mengistirahatkan kerja lambung yang sepanjang tahun sudah bekerja mencerna makanan.

Dari penelitian didapatkan bahwa pada orang yang menjalani puasa Ramadhan, keluhan maag dirasakan lebih ringan saat menjalani puasa dibandingkan orang yang tidak menjalani puasa.

2. Jadwal minum obat lambung disesuaikan

Jadwal minum obat lambung disesuaikan dengan jadwal makan pada bulan Ramadan, yaitu sebelum makan sahur dan sebelum makan buka puasa.

3. Konsumsi makanan yang dianjurkan

Makanan yang dianjurkan untuk sahur bagi penderita maag adalah makanan tinggi protein dan rendah lemak. Sementara makanan yang dianjurkan untuk buka puasa adalah makanan yang manis.

4. Hindari makanan pencetus maag

Makanan yang seharusnya dihindari oleh penderita maag adalah makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung (kopi, alkohol, anggur putih, sari buah jeruk, susu); makanan yang mengandung gas (makanan berlemak, sayuran sawi, kubis, ubi jalar, kedondong, nangka, minuman bersoda); makanan yang sulit dicerna (kue tart, keju); serta makanan yang membuat kerongkongan kering (gorengan, coklat, makanan berlemak).

5. Usai sahur jangan langsung tidur

Bagi pengidap maag juga dianjurkan untuk jangan langsung tidur begitu selesai makan sahur dan berbuka. Sahur di akhir waktu sehingga langsung menjalani ibadah Shalat Subuh, dan tidak makan makanan porsi berat sebelum tidur malam hari. Berikan waktu sekitar 2-3 jam setelah makan agar lambung bisa mencerna makanan sebelum tidur.

6. Tetap melakukan aktivitas olahraga menjelang berbuka puasa.

Olahraga yang dianjurkan adalah olahraga berjalan cepat, lari kecil, atau melakukan gerakan senam ringan yang bersifat repetitif.

KEYWORD :

Puasa Sehat Pengidap Maag




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :