Sabtu, 27/04/2024 05:49 WIB

Hidup Sehat Tak Semata Tren Tapi jadi Kebutuhan

Mari merayakan Hari Kesehatan Sedunia sebagai momentum untuk menjalani gaya hidup sehat.

Ilustrasi hidup sehat.(Foto : sanook.com)

Jurnas.com - Hari ini tanggal 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan mSedunia. Mendengar hal ini, apa yang terbesit dalam pikiran Anda? Apa makna dari Hari Kesehatan Sedunia ini bagi Anda secara pribadi?

Apakah Anda jadi tergerak untuk introspeksi diri mengenai gaya hidup yang selama ini sudah dijalankan? Apakah Anda sudah menganut kebiasaan hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari?

Sebuah riset dari Harvard T.H. Chan School of Public Health1 meneliti dampak kebiasaan hidup sehat terhadap angka harapan hidup. Diantara berbagai hal yang diteliti terkait kebiasaan hidup sehat adalah diet sehat, tingkat aktivitas fisik yang sehat, serta berat badan sehat.

Berdasarkan analisa, mereka yang menganut pola hidup sehat memiliki harapan hidup yang lebih lama. Saat tubuh kurang fit atau bahkan sakit, kita rasanya malas untuk bergerak. Tubuh yang sehat membantu kita untuk jadi lebih bebas dan maksimal dalam beraktifitas.

“Mens sana in corpore sano” merupakan sebuah motto yang sudah sering kita dengar sedari masih duduk di bangku sekolah. “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat” adalah arti dari motto tersebut.

Tidak ada salahnya untuk kembali mengingat ini dan menyadari betapa pentingnya menjaga tubuh tetap sehat dan fit. Mengetahui begitu banyak manfaat dari menjalani kebiasaan hidup sehat, mari jadikan Hari Kesehatan Dunia sebagai momentum untuk memulai ataupun meningkatkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Healthy Lifestyle & A Balanced Diet Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Makan sehat, aktif secara fisik dan menjaga berat badan sehat adalah beberapa hal yang tercakup dalam gaya hidup sehat.

Diet baik sangat penting bagi kesehatan dan dapat membantu kita untuk merasa prima. Diet seimbang memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi secara benar. Jika digabung dengan aktivitas fisik, diet seimbang bisa membantu untuk
mencapai dan mempertahankan berat badan sehat, mengurangi terjadinya penyakit kronis, serta mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Easier Said than Done?
Mengonsumsi diet yang seimbang terkadang rasanya susah untuk dilakukan, namun sangat perlu karena dapat membantu meningkatkan kesehatan. Junk food seperti kentang goreng dan minuman ringan terasa enak di lidah namun biasanya tinggi akan kalori dan rendah dari segi nutrisi.

Kenali jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari dan pilihlah jenis makanan yang kaya akan nutrisi. Untuk diet seimbang, kita perlu mengonsumsi beragam jenis makanan yang dapat dibagi dalam beberapa kelompok sebagai berikut:

1. Sayur-sayuran dari berbagai jenis dan warna
2. Buah-buahan
3. Gandum (sereal), roti, nasi, pasta
4. Daging rendah lemak dan daging ayam, ikan, telur, tahu, kacang-kacangan dan biji-bijian,
serta kacang polong
5. Susu, yogurt, keju dan produk olahan susu lainnya

KEYWORD :

Hidup Sehat Hari Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :