Sabtu, 27/04/2024 00:55 WIB

Enam Tips Agar Gaji Anda Tak Sekali Habis

Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga Anda yang kesulitan dalam menerima setiap bulan yang Anda terima. 

Ilustrasi menabung.(Foto : Beauty Journal Sociolla)

Jurnas.com - Kapan kita terlena, saat tanggal gajian tiba. Tagihan-tagihan harus dibayar tepat waktu, tetapi permintaan untuk pembelian acap kali tidak dapat diterima. Ujungnya, belum tengah bulan, kita sudah kehabisan uang.

Kesulitan selesai terima gaji bulanan, tidak hanya bisa diselesaikan segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga Anda yang kesulitan dalam menerima setiap bulan yang Anda terima.

Tidak jarang malah, Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena Anda tidak dapat mengelola gaji Anda dengan baik.

Berikut ada cara jitu tentang pembayaran bulanan Anda dengan bijak:

1. Buat anggaran bulanan

Mulailah membuat cadangan bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos kerja, tagihan listrik, rumah cicilan, motor cicilan dan lain sebagainya. Sementara untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk belanja, bepergian , hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.

2. Miliki dua atau lebih rekening bank

Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, seperti, menerima, membayar, dan belanja. Dan untuk akun lain dapat Anda gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimum jumlah yang harus Anda tabung dari jumlah tagihan Anda. Lakukan pembayaran seperti yang harus Anda penuhi setiap bulannya.

3. Segera membayar tagihan

Saat menerima pembayaran , hal yang pertama Anda lakukan harus membayar semua tagihan Anda di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya.

Hal ini penting, agar tidak perlu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Dengan membebaskan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih tenang untuk mendapatkan persetujuan bulanan lainnya.

4. Sisihkan untuk tabungan

Sisihkan tabungan sebelum Anda butuhkan untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk digunakan, yang tidak terlalu penting.

5. Buat laporan keuangan harian

Langkah selanjutnya adalah membuat laporan harian yang berisi laporan pengeluaran dan pemasukan selama kunjungan. Anda dapat merekam barang atau jasa yang dibeli, dibahas, nominal transaksi, waktu pembelian, dan ditempatkan. Memang butuh ketekunan, tapi ini membantu Anda dalam menerapkan.

6. Pembaharuan Anggaran

Lakukan pembaharuan anggaran 30 hari lalu bandingkan rencana anggaran pengeluaran dengan buku harian rilis Anda. Jika perlu anggaran lebih besar dari yang direncanakan, maka Anda perlu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Periksa kembali agar Anda bisa tahu apa yang Anda cari.

Tidak hanya membiasakan diri untuk menerbitkan semua yang Anda buat saja, Anda juga harus membiaskan diri untuk selalu mengeluarkan peraturan yang sudah dibuat. Menggunakan uang bijak yang Anda terima, adalah salah satu cara untuk membuktikan kerja keras yang sudah dilakukan. 

KEYWORD :

Gaji Bulanan Anggaran Bulanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :