Selasa, 20/04/2021 05:28 WIB

Tips Atur Gaji Bulanan Biar Nggak Numpang Lewat

 Antara kesehatan fisik dan pikiran, tak ada yang lebih penting karena keduanya memang penting

Ilustrasi liburan

Jurnas.com - Yang namanya sehat pastinya kudu seimbang. Antara kesehatan fisik dan pikiran, tak ada yang lebih penting karena keduanya memang penting. Pas banget, baru pada gajian kan? Nggak ada salahnya menyediakan waktu untuk memanjakan diri atau menikmati penghasilan.

Di sisi lain mungkin kamu punya resolusi keuangan supaya bisa lebih hemat dan menabung lebih banyak. Tapi hidup cuma buat kerja juga mustahil. Kasih reward buat diri sendiri agar kesehatan mental dan pikiran juga terjaga. Jadi kerja keras iya, menyenangkan diri sendiri juga bisa. Yang penting dompet jangan sampai jebol dan gaji nggak cuma numpang lewat.

Berikut ini tips jitu atur gaji bulanan supaya kebutuhan dan keinginan bisa dibagi rata. Yuk, dicoba!

Buat Rencana Keuangan

Belakangan makin banyak orang melek aset, investasi dan asuransi. Punya keduanya? Bagus! Tapi sebelum mengatur alokasi dana untuk ini dan itu, pertama-tama kamu harus memiliki perencanaan keuangan yang matang. Sekarang juga udah banyak banget informasi soal cara mengatur keuangan personal maupun keluarga. Kamu bisa mempelajarinya secara mandiri.

Langkah paling mudah untuk memulainya adalah dengan mencatat seluruh pengeluaran rutin setiap bulannya. Kamu bisa mencatat di buku catatan khusus (notebook) atau subscribe aplikasi keuangan yang terpercaya.

Prioritaskan Membayar Utang

Punya utang atau cicilan? Setelah menerima gaji, prioritaskan dulu membayar utang atau cicilan. Kalau ditunda-tunda, nantinya kamu bisa pusing sendiri. Selain itu, melunasi utang dapat membantu anggaran menjadi lebih sehat untuk jangka panjang. Jadi, sebisa mungkin sebaiknya hindari berutang atau menyicil sesuatu yang tidak kamu perlukan.

Sebisa mungkin, hindari kredit untuk sesuatu yang value-nya semakin menurun. Andai kamu memiliki utang untuk aset yang sering digunakan alias utang produktif itu sah-sah saja. Sesuaikan juga utang dengan jumlah penghasilan, maksimal 30% dari pendapatan. Simpel kan?

Buat Dua Rekening

Sebaiknya kamu tidak hanya memiliki satu rekening. Paling tidak milikilah dua rekening agar cash flow semakin mudah untuk diatur. Nantinya rekening pertama dipakai untuk seluruh transaksi, seperti menerima gaji dari kantor, dan membayar seluruh tagihan. Sedangkan rekening kedua digunakan untuk menabung dan investasi.

Pengen bikin rekening satu lagi untuk belanja hobi? Boleh banget! Jadi kamu juga bisa menyediakan satu rekening lagi untuk membeli hal-hal sesuai keinginan. Seperti belanja, kulineran, atau traveling. Jadi pengeluaran atau sumber dana untuk kebutuhan dan keinginan nggak dicampur. Tips yang satu ini juga memudahkan kamu menghitung jumlah pengeluaran, lho.

Pengen Pergi Hemat? Sikat Gajian Big Sale!

Pengen happy-happy tapi tetap hemat? Untungnya ada gajian big sale dari airasia.com! Pergi hemat pakai Maskapai AirAsia mulai dari Rp351Ribu. Yuk, pergi hemat bareng AirAsia ke Bali, Belitung, Medan, Palembang, Padang dan banyak destinasi menarik lainnya bersama AirAsia. Gratis bagasi 15kg lagi!

Selain Maskapai AirAsia, kamu juga bisa terbang dengan Maskapai Apa Pun mulai dari Rp 324 Ribu. Kamu bisa terbang ke Makassar, Malang, Balikpapan, Samarinda, Manado dan banyak destinasi lokal menarik lainnya. Tiket PROMO MASKAPAI AIRASIA & MASKAPAI APAPUN bisa kamu pesan dari 25-31 Januari 2021 dan periode penerbangannya dari sekarang hingga 30 Juni 2021. Pesan sekarang di airasia.com atau Aplikasi airasia.com!

Cobain Staycation!

Pengen staycation buat memanjakan diri tapi nggak pengen gajian cepat habis? Mumpung ada PROMO HOTEL di airasia.com, yuk, staycation aja biar hemat! Ada Diskon Hingga 75% Hotel di Jakarta, Bali, Surabaya, dan Medan.

Kamu bisa staycation asyik di The Hermitage a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta dari Harga Sebelumnya Rp 2,3 Juta dan harga sesudah diskonnya jadi Rp 990 Ribu. Main ke Bali, kamu juga bisa menginap di Swiss-Belhotel Rainforest dari harga sebelum diskon Rp 1 Juta jadi Rp 249 Ribu aja. Kangen Surabaya? Menginap di Swiss-Belinn Tunjungan aja. Lagi ada diskon dari harga Rp 1,3 Juta jadi Rp 411 Ribu. Ada juga menginap hemat di Four Points by Sheraton Medan dari harga sebelumnya 1 Juta jadi cuma Rp 578 Ribu setelah diskon (Syarat & Ketentuan berlaku).

Periode pemesanan dari 27-29 Januari 2021 dan periode menginap dari 27 Januari hingga 30 Juni 2021. Lebih hemat, pesan sekarang di airasia.com atau Aplikasi airasia.com.

Mager pesan tiket pesawat dan hotel pisah-pisah? Pakai SNAP aja! Soalnya lagi ada SNAP WEEKEND SALE dari airasia.com. Promo Penerbangan PP + Hotel 3H2M mulai dari Rp1,1 Juta/orang!

Terbang ke Lombok dan menginap di Puri Mas Beach Resort dengan Harga Penerbangan PP + Hotel 3H2M hanya Rp 1,1 Juta. Terbang ke Bali dan menginap di Maison Aurelia Sanur dengan Harga Penerbangan PP + Hotel 3H2M hanya Rp 1,3 Juta. Pengen ke Medan? Tenang aja, kamu bisa ke Medan dan menginap di Bobotel Gatot Subroto Medan dengan harga Penerbangan PP + Hotel 3H2M hanya dengan Rp 1,2 Juta. Periode pemesanan dari 29-31 Januari 2021 dan nikmati menginap dari 29 April hingga 30 April 2021.

Itu tadi tips and trik mengatur penghasilan bulanan yang kamu dapatkan dari gaji. Pelan-pelan aja belajar mengatur keuangan biar nggak kaget. Jadi nantinya bisa ketemu tuh pattern yang seimbang antara menyesuaikan kebutuhan dan keinginan senang-senang biar nggak boros. Lebih hemat, pesan sekarang di airasia.com atau Aplikasi airasia.com. Selalu ada penawaran terbaik untuk kita. airasia.com untuk kita.

TAGS : Tips Keuangan Gaji Bulanan Kebahagiaan Diri




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :