Rabu, 24/04/2024 06:37 WIB

Begini Caranya Agar Gaji Anda Tak Sekali Habis

Setiap kali mendapatkan gaji dari tempat kerja Anda seringkali berakhir tak menghasilkan apa-apa

Ilustrasi (Foto: Greek Reporter)

Jakarta - Anda pasti punya kebiasaan menghabiskan uang untuk membahagiakan diri atau menghadiahi diri sendiri atas kerja keras yang sudah dilakukan.

Namun kebiasaan ini jika tidak diatasi akan membuat Anda susah sendiri kedepannya. Suka yang terus dituruti ini selain menghasilkan uang Anda habis, kebiasaan ini juga tak mungkin hilang.

Berikut kiat-kiat untuk memanajemen pembayaran atau gaji agar tidak langsung habis begitu saja seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Segera lunasi hutang

Semakin cepat Anda melunasi hutang, semakin cepat pula Anda bisa menabung untuk mendapatkan uang di masa mendatang. Semakin cepat dilunasi, semakin sedikit pula jumlah bunga yang perlu kamu bayarkan.

Jika Anda memiliki beberapa hutang, prioritaskan pembayaran hutang dengan bunga paling besar. Jangan lupa juga melunasi hutang dari teman, teman atau rekan kerja Anda. Anda tidak mau hubungan Anda dengan orang terdekat menjadi renggang hanya karena masalah uang?

2. Siapkan pos-pos keuangan

Jika gaji Anda naik, mulailah berpikir untuk menabung dana pensiun atau dana pendidikan anak. Kebiasaan ini tidak kalah penting karena dengan menabung maka nanti akan membantu kehidupan Anda. Misalkan saja melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang ada di bank-bank atau perusahan asuransi jiwa.

3. Pertahankan gaya hidup

Memiliki pendapatan lebih terkadang membuat gaya hidup Anda ikut berubah. Hal ini harus dihindari karena dengan perubahan gaya hidup ini dapat membuat keuangan Anda semakin berantakan. Tidak masalah sesekali membeli barang atau makan mahal asalkan anggaran Anda mencukupi.

4. Berinvestasi

Tentu Anda Pasti ingin memiliki pemasukan lebih dari sekedar menerima bulanan saja. Hal itu bisa dilakukan dengan mulai berinvestasi. Carilah investasi yang mungkin cocok untuk Anda. Daripada menghabiskan uang untuk hal yang konsumtif, lebih baik menambah pemasukan melalui investasi.

5. Dana darurat

Untuk disetujui agar tidak terjadi masalah yang akan dihabiskan untuk bulan Anda, tersedia untuk Anda dengan dana darurat. Seperti tiba-tiba kendaraan Anda mogok dan butuh biaya perbaikan, ponselmu rusak dan harus ganti baru dan lain-lain. Daripada menambah pinjaman lebih baik Anda menyiapkan dana darurat dari sekarang.

KEYWORD :

Manajemen Pembayaran Gaji Bulanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :