Sabtu, 27/04/2024 11:01 WIB

China Desak AS Tak Beri Izin Presiden Taiwan

Tsai diketahui akan melakukan kunjungan diplomatik kepada sekutu Pasifiknya tersebut, yang tak ayal berpeluang menimbulkan gesekan hubungan antara Beijing dan Washington.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen

Beijing, Jurnas.com – China mendesak Amerika Serikat (AS) agar tidak mengizinkan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen singgah di Hawaii pekan depan.

Tsai diketahui akan melakukan kunjungan diplomatik kepada sekutu Pasifiknya tersebut, yang tak ayal berpeluang menimbulkan gesekan hubungan antara Beijing dan Washington.

Dikutip dari Reuters, China selalu menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya, yang dianggap paling sensitif dan penting dalam hubungannya dengan AS. China kerap mengeluh jika pemimpin Taiwan singgah di AS.

Sementara Tsai mengatakan transitnya ke Hawaii dalam rangka perjalanan pulang dari kunjungan delapan hari di Palau, Nauru, dan Kepulauan Marshall, yang dimulai Kamis ini.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang mengatakan, China telah mengajukan protes keras atas rencana persinggahan Tsai di AS.

“Kami secara konsisten dan tegas menentang Amerika Serikat atau negara lain yang memiliki hubungan diplomatik dengan China yang mengatur transit semacam ini,” tegas Geng kepada wartawan di Beijing pada Kamis (21/3).

Seperti diketahui, China memandang Taiwan hanya sebagai provinsi yang tidak patuh, dan tanpa hak untuk berhubungan antara negara ke negara.

Sedangkan AS seperti kebanyakan negara lain, tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan tetapi merupakan pemasok senjata terbesar di pulau itu, dan pendukung internasional paling kuat.

KEYWORD :

China Amerika Serikat Presiden Taiwan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :