Sabtu, 27/04/2024 05:39 WIB

Harga Rumah di Inggris Diprediksi Makin Murah usai Brexit

Secara nasional, harga akan turun 1 persen, menurut jajak pendapat yang dilakukan antara 13 hingga 20 Februari lalu.

Ilustrasi Perumahan

London, Jurnas.com - Pasar perumahan Inggris akan mengalami penurunan, jika negara itu meninggalkan Uni Eropa pada akhir bulan depan tanpa kesepakatan.

Saat ini, Perdana Menteri Inggris Theresa May masih berjuang untuk mencapai kesepakatan.

Dan jika mereka gagal, maka harga rumah di ibukota London, yang telah lama menjadi magnet bagi investor asing, akan turun 3 persen dalam enam bulan setelah perpecahan 29 Maret.

Secara nasional, harga akan turun 1 persen, menurut jajak pendapat yang dilakukan antara 13 hingga 20 Februari lalu.

"Akan ada kejutan nyata bagi perekonomian Inggris dalam hal PDB, inflasi, penciptaan lapangan kerja, dll," kata Tony Williams, konsultan properti Building Value.

Dia mengatakan harga di ibukota akan turun 10 persen jika tidak ada kesepakatan. Ini merupakan perkiraan yang paling pesimistis dikutip dari Reuters pada Jumat (22/2).

"Ini akan meluas secara dramatis ke pasar perumahan, dengan London menanggung beban mengingat minat para calon pembeli," ujar dia.

Sejak keputusan referendum Juni 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa, jajak pendapat Reuters secara konsisten mengatakan skenario tanpa kesepakatan akan berpengaruh pada ekonomi, ekuitas, pasar perumahan, dan nilai tukar poundsterling.

Namun, penurunan dalam mata uang diprediksi turun 5-10 persen jika tidak ada kesepakatan. Hal ini akan membuat properti lebih murah bagi investor asing, dan kemungkinan mengimbangi beberapa ketidakpastian.

Namun jika kesepakatan tercapai, harga rumah akan naik 1,5 persen secara nasional, dan 0,5 persen di London dalam enam bulan setelahnya.

Jajak pendapat yang lebih luas, dari 25 pengamat pasar mengatakan harga rumah nasional akan naik 1,5 persen tahun ini, dan 1,8 persen pada 2020. Sementara pada 2021 harga diperkirakan meningkat 2,3 persen.

"Harga jelas telah datang dari akhir-akhir ini tetapi dengan asumsi bahwa Inggris tidak meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan, ada ruang untuk dimulainya kembali tren kenaikan sederhana," kata Peter Dixon dari Commerzbank.

KEYWORD :

Harga Rumah Kesepakatan Brexit Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :