Jum'at, 26/04/2024 07:05 WIB

Rusia akan Veto Draf Resolus AS soal Pemilu Venezuela

Resolusi Rusia tentang Venezuela di DK PBB tujuannya jelas, yaitu mendukung upaya dalam membangun dialog nasional di negara Amerika Latin tersebut.

Mentri Luar Negeri Rusia Surgei Lavrov (Reuters/Surgei Karpukhin)

Moskow, Jurnas.com - Pemerintah Rusia akan mencekal draf resolusi Amerika Serikat (AS) untuk mendesak pemilihan umum di Venezuela ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, Moskow akan memastikan hal itu tidak terjadi.

"DK PBB tidak akan pernah menerima keputusan seperti itu, seperti yang Anda pahami," kata Lavrov dalam konferensi pers di Moskow, Selasa (12/2) waktu setempat.

Lavrov mengungkapkan bahwa resolusi itu adalah upaya AS mengalihkan perhatian publik saat Paman Sam mulai
mengacaukan situasi di Venezuela
lewat bantuan kemanusiaan.

Sementara itu, ia mengatakan bahwa resolusi Rusia tentang Venezuela di DK PBB tujuannya jelas, yaitu mendukung upaya dalam membangun dialog nasional di negara Amerika Latin tersebut.

"Kami mendukung inisiatif Meksiko dan Uruguay, untuk penciptaan kondisi sedini mungkin mengadakan dialog nasional dengan partisipasi semua kekuatan politik di Venezuela," kata Lavrov.

Pekan lalu, AS mengajukan draf resolusi untuk mendesak pemilihan umum di Venezuela ke DK PBB. Namun belum diketahui waktu pasti DK PBB akan melakukan pemungutan suara terkait draf tersebut.

Sejumlah diplomat lainnya memperkirakan Rusia sebagai sekutu dekata Presiden Venezuela, Nicolas Maduro akan memveto draf resolusi itu.

KEYWORD :

DK PBB Amerika Serikat Konflik Venezuela Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :