Sabtu, 27/04/2024 05:57 WIB

Kanselir Jerman akan Telepon Putin untuk Tarik Pasukan Rusia dari Ukraina

Berbicara di konvensi gereja Protestan Jerman di Nuremberg, Scholz mengatakan dia telah berbicara dengan Putin melalui telepon di masa lalu.

Kanselir Jerman Olaf Scholz menghadiri konferensi pers selama konsultasi pemerintah Jerman-India di Kanselir di Berlin, Jerman 2 Mei 2022. REUTERS/Michele Tantussi

JAKARTA, Jurnas.com - Kanselir Jerman, Olaf Scholz berencana untuk segera berbicara dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin melalui telepon untuk mendesaknya agar menarik pasukan Rusia dari Ukraina.

Berbicara di konvensi gereja Protestan Jerman di Nuremberg, Scholz mengatakan dia telah berbicara dengan Putin melalui telepon di masa lalu. "Saya berencana untuk melakukannya lagi segera," katanya.

"Tidak masuk akal untuk memaksa Ukraina menyetujui dan menerima serangan yang dilakukan Putin dan bahwa sebagian Ukraina menjadi Rusia begitu saja," tambah Scholz, mengatakan dia akan bekerja untuk memastikan bahwa NATO tidak terlibat dalam perang.

Moskow dan Kyiv sama-sama melaporkan pertempuran sengit di Ukraina pada hari Jumat, tetapi masih belum pasti apakah serangan balik yang telah lama diantisipasi Ukraina sedang berlangsung.

Serangan balasan yang ditujukan untuk menembus pertahanan Rusia dan mengusir pasukan pendudukan pada akhirnya diharapkan melibatkan ribuan tentara Ukraina yang dilatih dan diperlengkapi oleh negara-negara Barat termasuk Jerman.

Rusia menembakkan rudal dan drone ke sasaran di seluruh Ukraina pada dini hari Sabtu, menewaskan tiga warga sipil di kota Laut Hitam Odesa dan menyerang lapangan udara militer di wilayah Poltava tengah, kata pihak berwenang Kyiv.

Sumber: Al Arabiya

KEYWORD :

Kanselir Jerman Olaf Scholz Perang Ukraina Rusia Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :