Sabtu, 27/04/2024 05:39 WIB

Bantuan untuk 3,7 Juta Penduduk Yaman Terancam Membusuk

Silo Pabrik Laut Merah, yang terletak di kota pelabuhan barat Hodeidah, diyakini memiliki cukup gandum untuk memberi makan beberapa juta orang.

Anak-anak berdiri di dekat gubuk di sebuah kamp darurat untuk orang-orang terlantar di dekat Sanaa bulan lalu (Foto: Khaled Abdullah / Reuters)

Yaman, Jurnas.com - Bantuan makanan di sebuah gudang di Hodeidah, Yaman berisiko membusuk. Pasalnya jutaan rakyat Yaman tidak mampu mengakses ke gudang yang diduduku itu.

Silo Pabrik Laut Merah, yang terletak di kota pelabuhan barat Hodeidah, diyakini memiliki cukup gandum untuk memberi makan beberapa juta orang. Tapi wilayah itu tetap terlarang untuk organisasi bantuan selama berbulan-bulan.

"Biji-bijian Program Pangan Dunia yang disimpan di pabrik - cukup untuk memberi makan 3,7 juta orang selama sebulan - tidak dapat diakses selama lebih dari lima bulan dan berisiko membusuk," kata pernyataan bersama kepala bantuan PBB dan utusan khusus Yaman, Senin (12/2).

"Kami menekankan bahwa memastikan akses ke pabrik adalah tanggung jawab bersama di antara para pihak yang terlibat dalam konflik di Yaman," sambungnya.

Hodeidah, dan gudang makanannya, berada di tangan pemberontak Houthi Yaman sejak 2014, ketika kelompok bersenjata itu melakukan pengambilalihan petak besar wilayah Yaman.

Langkah itu mendorong intervensi militer Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan sekutu pada tahun berikutnya atas nama pemerintah yang diperangi, memicu krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

PBB menyebutkan, lebih dari 10 juta orang Yaman berada di ambang kelaparan.

KEYWORD :

Konflik Yaman Bantuan Yaman Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :