Jum'at, 26/04/2024 14:33 WIB

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab Persenjatai Kelompok Al Qaedah

Menurut stasiun TV CNN, senjata-sejanta itu dibeli dari Amerika Serikat (AS).

Potret Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazziz dan putra Mohammed bin Salman (Foto: Fayez Nuredine/AFP/Getty Images)

Washington, Jurnas.com - Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) mempersenjatai  kepada banyak kelompok dan kabilah yang berafiliasi dengan Al Qaedah di Yaman.

Menurut stasiun TV CNN, senjata-sejanta itu dibeli dari Amerika Serikat (AS). Hal itu didasarkan pada sebuah hasil penelitian yang membongkar hubungan dan kerja sama kotor dalam koalisi Teluk itu.

Berita CNN yang dirilis dengan dukungan banyak gambar dan foto menunjukkan, organisasi radikal menggunakan banyak senjata dan kendaraan AS, selain itu peralatan militer itu juga ada yang jatuh ke tangan kelompok Houthi dukungan Iran.

Selain itu, menurut pengakuan sumber-sumber lokal kepada CNN, Arab Saudi dan mitra terpenting koalisi UEA telah memberikan senjata dan peralatan militer buatan AS kepada sejumlah kabilah dan kelompok di Yaman untuk mendapatkan kesetiaan dari mereka.

Meski Departemen Pertahanan AS, melarang penjualan senjata dan teknologi Amerika ke pihak ketiga, namun rezim Arab Saudi dan UEA tetap melakukan penjualan ke kelompok-kelompok di Yaman dengan sengaja.

Di sisi lain, Washington juga dinilai telah menutup mata soal pelanggaran yang dilakukan oleh kedua negara tersebut.

KEYWORD :

Arab Saudi Uni Emirat Arab Kelompok Teroris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :