Sabtu, 27/04/2024 11:48 WIB

Peluang Lolos RUU Akhiri Shutdown Kecil

Jika penutupan pemerintah berlanjut hingga Jumat, sekitar 800.000 pegawai pemerintah federal tak akan mendapat gaji.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengunjungi perbatasan negara itu dengan agen patroli perbatasan di Mission, Texas (Foto: Leah Mills/Reuters)

Washington - Senat Amerika Serikat (AS) akan menggelar pemungutan suara untuk dua Rancangan Undang-Undang (RUU) akhir pekan ini. RUU tersebut diharapkan dapat mengakhiri penutupan parsial pemerintahan yang telah memasuki hari ke-32.

Dua RUU itu di antaranya pembukaan kembali pemerintahan yang artinya menyetujui usulan Presiden Donald Trump soal anggaran tembok perbatasan AS-Meksiko senilai USD5,7 miliar dan langkah sementara yang akan mendanai pemerintah hingga awal Februari.

Dilansir dari Anadolu, kedua RUU tersebut berpeluang kecil untuk lolos, sementara RUU pertama membutuhkan dukungan suara sedikitnya 60 dari 100 senator.

Sebagai imbalan pendanaan tembok perbatasan, Trump pun menjanjikan tiga tahun bantuan legislatif bagi penerima DACA dan perpanjangan perlindungan sementara untuk kelompok migran lain yang melarikan diri dari negara mereka karena konflik atau bencana alam.

Namun, pemimpin minoritas Senat Chuck Schumer pesimistis proposal Trump akan lolos karena oposisi Demokrat.

DACA, atau Aksi Ditangguhkan untuk Kedatangan Anak Kecil, adalah kebijakan imigrasi warisan pemerintahan Barack Obama yang memberikan perlindungan kepada mereka yang dibawa ke AS secara ilegal saat masih anak-anak.

Sementara penutupan pemerintah memasuki hari ke-32, tidak jelas apakah proposal untuk mendanai badan-badan pemerintahan hingga pekan pertama Februari dapat mengumpulkan 60 suara yang diperlukan untuk meloloskan RUU tersebut.

Jika penutupan pemerintah berlanjut hingga Jumat, sekitar 800.000 pegawai pemerintah federal tak akan mendapat gaji.

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat Penutupan Pemerintahan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :