Selasa, 26/03/2019 04:53 WIB

Jepang Libatkan Robot dalam Pemerintahan

Ada lima jenis robot yang siap membantu penduduk Ogaki.

Foto Ilustrasi

Tokyo - Pemerintah Jepang sedang bereksperimen dengan robot untuk mempermudah layanan pemerintah bagi penduduk. Ada lima jenis robot yang siap membantu penduduk Ogaki.

Japan Time menyebutkan, Pemerintah Kota Ogaki di Prefektur Gifu memamerkan robot yang dapat memberikan informasi dan memandu orang mengisi formulir untuk institusi-institusi pemerintah.

Jurnas.com melansir dari Anadolu, jika eksperimen itu berhasil, Ogaki akan menjadi daerah pertama di Jepang yang menggunakan robot untuk membantu pemerintah.

Pihak berwenang sedang mempertimbangkan cara untuk mengintegrasikan robot ke dalam layanan pemerintah mulai tahun depan ketika kantor pemerintah dan "balai kota elektronik" yang menggunakan robot dan kecerdasan buatan dibuka.

"Saya ingin menggunakan robot untuk meningkatkan layanan kami untuk penduduk kami, dan menjadikan kantor kotamadya sebagai tempat berkumpul di mana kami bisa bersenang-senang," kata Wali Kota Ogaki Bin Ogawa.

Pada Selasa (15/1) waktu setempat, Ogawa merasakan langsung dipandu oleh robot ke loket informasi hingga ke lift.

Robot itu akan secara lisan menjelaskan cara mengajukan sertifikat yang dikeluarkan oleh pemerintah dan juga bagaimana mengisi formulir yang benar.

Beberapa robot juga dapat berbicara dengan anak-anak, bahkan membacakan buku untuk anak usia taman kanak-kanak.

TAGS : Robot Canggih Jepang Penduduk Ogaki Teknologi Modern




TERPOPULER :