Jum'at, 26/04/2024 12:20 WIB

Rusia Siap Berdialog dengan AS

Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan siap berdialog dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Putin dan Trump (Foto: Reuters)

Moskow – Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan siap berdialog dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Hal tersebut tertera dalam Surat Tahun Baru, yang diterbitkan pemerintah pada Minggu (30/12), dengan tujuan agenda yang lebih luas, serta tindak lanjut pertemuan sebelumnya yang kerap berujung kegagalan.

Vladimir Putin menekankan bahwa hubungan Rusia dan AS merupakan faktor paling penting untuk memberikan stabilitas strategis dan keamanan internasional,” demikian pernyataan Kremlin dilansir dari Reuters.

“Dia mengonfirmasi bahwa Rusia terbuka untuk dialog dengan AS mengenai agenda yang paling luas,” imbuhnya.

Pada akhir November lalu, Trump tiba-tiba membatalkan agenda pertemuan dengan Rusia, menyusul penyanderaan kapal angkatan laut Ukraina.

Trump dan Putin juga gagal bertemu di Paris di sela-sela peringatan 100 tahun Gencatan Senjata Perang Dunia, pasca bertemu di Helsinki pada Juli lalu.

Moskow mengatakan salah satu masalah utama yang ingin dibahas dengan Amerika Serikat ialah rencana Washington menarik diri dari pakta senjata nuklir era Perang Dingin.

Sementara Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, saat ini Moskow menyerahkan kepada AS apakah akan mengadakan pertemuan baru pada 2019.

“Masalahnya harus dialamatkan ke Washington. Baik presiden kami dan wakilnya mengatakan bahwa kami siap untuk pembicaraan ketika Washington siap untuk itu,” terang kantor berita TASS mengutip Lavrov dalam pernyataan di televisi.

KEYWORD :

Donald Trump Rusia Amerika Serikat Vladimir Putin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :