Jum'at, 26/04/2024 12:24 WIB

Cruyff Harap Barcelona Belajar dari Kesalahan Madrid

Ronaldo hengkang dari Santiago Bernabeu pada Juli lalu dengan banderol 100 juta euro, setelah menghabiskan sembilan musim dengan raksasa La Liga tersebut.

Ronaldo dan Messi (foto: Soccerway)

Jakarta – Mantan gelandang Barcelona Jordi Cruyff menyebut kondisi yang dialami Real Madrid pasca ditinggal Cristiano Ronaldo, menjadi peringatan bagi Barcelona.

Ronaldo hengkang dari Santiago Bernabeu pada Juli lalu dengan banderol 100 juta euro, setelah menghabiskan sembilan musim dengan raksasa La Liga tersebut.

Dilansir dari Soccerway, Madrid awalnya berjuang menutupi ketidakhadiran Ronaldo. Namun pada akhirnya kini raja Eropa itu terpaut delapan poin dari El Blaugrana.

Sementara Lionel Messi yang dikontrak di Barca hingga 2021, menurut Cruyff agar dipertahankan agar tidak mengulang kesalahan Madrid melepas Ronaldo.

“Apa yang terjadi pada Madrid adalah peringatan bagi Barca,” kata pelatih Chongqing Dangdai Lifan itu kepada Sport.

“Pemain Madrid masih hebat, tetapi dalam sepakbola Anda membutuhkan pemain yang bahkan kalah 2-0 Anda pikir Anda bisa menang. Itu terjadi dengan Messi. Ini lebih dari sepakbola. Ini soal kepercayaan,” lanjutnya.

Messi telah menikmati awal bintang yang bagus untuk musim ini, mencetak 21 gol hanya dalam 20 pertandingan di semua kompetisi.

Cruyff, mantan pemain internasional Belanda, mengatakan Ronaldo memiliki peran seperti Messi di Barca, yakni menyatukan punggawa Madrid.

“Anda menganalisis Madrid dan Anda melihat bahwa Cristiano adalah orang yang memegang payung,” katanya.

“Saat hujan, tidak ada yang basah. Sekarang, tidak ada payung,” tandasnya.

KEYWORD :

Real Madrid Barcelona Jordi Cruyff




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :