Jum'at, 26/04/2024 09:42 WIB

AS Sebut Iran Pancing Konflik di Timur Tengah

Pompeo mengatakan, pernyataan Rouhani memantik ketegangan di kawasan Timur Tengah. Ia mengatakan Iran bukan teman Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Direktur Central Intelligence Agency (CIA), Mike Pompeo (Foto: via Financial Tribune)

Tehran - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan menyatakan keprihatinan atas pernyataan baru-baru ini Presiden Iran Hassan Rouhani dalam Konferensi Persatuan Islam Internasional ke-32 di Tehran.

"Presiden Iran Rouhani sekali lagi menyerukan penghancuran Israel. Ia menyebutnya sebagai `tumor kanker` dan `rezim palsu`," kata Pompeo merujuk pernyatan Rouhani, dilansir IRNA.

Pompeo mengatakan, pernyataan Rouhani memantik ketegangan di kawasan Timur Tengah. Ia mengatakan Iran bukan teman Amerika Serikat (AS) dan Israel.

Menanggapi pernyataan tersebut, Rouhani mengatakan, perselisihan antara Iran dan AS adalah karena mereka (Washington) ingin dunia berpikir tentang Amerika, menghormati nilai-nilai Amerika, tetapi kami mengatakan semua manusia itu bebas.

"Amerika Serikat ingin negara-negara di kawasan itu menjadi budaknya," sambungnya.

"Mereka mengatakan, kepentingan mereka harus selalu dipenuhi dan kami katakan, pengganggu Dunia tidak dapat menentukan jalan kami," tegas Rouhani.

Rouhani melanjutkan untuk mengkritik Barat, terutama AS dan Inggris, menciptakan hak veto, kemudian menggunakannya untuk menciptakan "Kanker Kelenjar" dari wilayah tersebut, yaitu rezim palsu Israel.

KEYWORD :

Israel Amerika Serikat Kanker Tumor Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :