Rabu, 12/12/2018 15:31 WIB

Traveling Hemat Tanpa Khawatir Kartu Kredit Over Limit

Berikut beberapa tips agar traveling Anda tetap berjalan menyenangkan tanpa perlu khawatir Kartu Kredit Anda over limit.

Ilustrasi Wisatawan (For: Istimewa)

Jakarta - Saat ini traveling kerap dijadikan hobi yang rutin dilakukan. Penatnya pekerjaan membuat sebagian orang memilih traveling untuk bisa mengatasi stres. Bukan hanya itu, traveling juga banyak dilirik untuk dijadikan pekerjaan atau bisnis sampingan.

Untuk melakukan traveling banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya yakni menyiapkan budget sesuai dengan keperluan dan kemana Anda akan pergi. Jika ingin berpergian ke luar negeri tentu saja budget yang harus disiapkan jauh lebih besar.

Jika Anda ingin menikmati perjalanan ke luar negeri, biasanya akan memilih jalan cepat dan praktis untuk kemudahan transaksi di luar negeri. Yakni dengan menggunakan kartu kredit.

Berikut beberapa tips agar traveling Anda tetap berjalan menyenangkan tanpa perlu khawatir Kartu Kredit Anda over limit.

1. Pilih Kartu Kredit yang compatible

Jika ingin ke lar negeri, sebaiknya teliti terlebih dahulu apakah kartu kredit tersebut dapat di terima secara luas di tempat tujuan. Biasanya kartu dengan logo visa atau MasterCard bisa diterima di sebagian besar negara.

Selain itu, ada baiknya jika pemegang kartu kredit memberitahukan kemana ia akan berpergian. Tujuannya untuk meminimalisisr kemungkinana kartu kredit diblokir karena aktivitas yang dianggap mencurigakan.

2. Cari tahu keuntungan lain

Selain untuk pembayaran, mungkin saja ada sejumlah manfaat yang ditawarkan tanpa Anda ketahui. Dalam hal ini kartu kredit mungkin menawarkan asuransi kesehatan gratis atau diskon untuk perjalanan. Bukan hanya itu, mencari tahu lebih banyak tentang biaya transaksi asing juga dibutuhkan.

Karena setiap bank mungkin mempunyai peratutan sendiri untuk setiap negara. Dengan begitu cari tahu lewat pihak bank penerbit kartu kredit tersebut untuk memeriksa biaya transaksi asing. Setelah itu gunakan kartu dengan biaya transaksi asing terendah.

3. Periksa expired date dan bawa beberapa kartu cadangan

Sebelum melakukan perjalanan, periksalah batas kredit dan verifikasi tanggal kadaluarsa untuk menghindari “no access credit card” ketika sedang berada di luar negeri. Kemudian buatlah salinan kartu dan simpan di tempat yang aman.

Tak ada salahnya jika Anda minta nomor darurat kepada bank penerbit kartu kredit jika sewaktu waktu ada kasus darurat. Selain itu bawalah kartu kredit cadangan atau uang cash sesuai mata uang negara yang akan anda kunjungi agar traveling tetap aman.

4. Simpan semua bukti transaksi selama di luar negeri

Ketika bertransaksi di luar negeri sebaiknya simpan semua bukti transaksi. Baik transaksi belanja, pemesanan tiket dan lainnya. Hal ini menjadi acuan Anda nanti saat sudah mulai menerima tagihan kartu kredit.

5. Buat catatan kecil di akhir perjalanan

Setelah traveling berakhir, buatlah suatu catatan kecil mengenai pengeluaran selama melakukan traveling. Anda bisa menuliskan rinciannya, termasuk saat menggunakan kartu kredit. Dengan begitu, anda bisa menentukan berapa budget yang dihabiskan untuk melakukan traveling sebagai acuan untuk kegiatan traveling berikutnya.

6. Buat anggaran traveling

Membuat list anggaran untuk traveling akan membuat kita lebih hemat terhadap segala pengeluaran yang tidak perlu saat traveling keluar negeri. Untuk belanja misalnya sebaiknya anda menganggarkan berapa budget yang akan dikeluarkan untuk belanja, sekalipun menggunakan kartu kredit.

Namun hindarilah tagihan yang besar nantinya hanya karena anda terlalu berlebihan saat berbelanja. Jangan lupa sesuaikan anggaran dan pendapatan Anda.

TAGS : Tips Traveling Kartu Kredit Tips Hemat




TERPOPULER :