Selasa, 26/03/2019 04:52 WIB

Empat Cara Hindari Alergi Kosmetik

Tak sekadar pakai, produk kecantikan juga harus aman untuk kulit wajah Anda agar tidak menimbulkan alergi. 

Ilustrasi menggunakan produk perawatan wajah.(Foto : Google)

Jakarta - Ladies, tidak semua produk kecantikan aman untuk kulit Anda. Beberapa di antaranya mungkin mengandung bahan kimia yang bereaksi buruk pada kulit Anda. Apalagi bila Anda sedang mencoba produk baru, alergi bisa saja terjadi.

Meski demikian disarankan agar Anda memahami produk kosmetik yang digunakan agar bisa terhindar dari alergi.

Agar gejala-gejala alergi kosmetik pada kulit tak semakin berlarut-larut, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan, sepeti yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Hentikan pemakaian

Jika gejala alergi sudah mulai muncul, segeralah hentikan penggunaan kosmetik yang diduga menjadi biang keladinya.

Bila Anda merasa gatal pada area yang terkena kontak dengan produk kosmetik, sebaiknya segera hentikan pemakaian. Bila reaksi alerginya benar-benar membuat Anda tidak nyaman, segera periksakan kulit Anda ke dokter.

Pasalnya, kemungkinan besar keluhan itu disebabkan oleh produk kosmetik yang digunakan.

2. Lakukan uji sensitivitas

Sebaiknya Anda melakukan uji sentivitas produk pada kulit Anda terlebih dahulu. Caranya dengan mengoleskan sedikit saja produk tersebut pada tangan Anda. Bila Anda merasa gatal atau muncul kemerahan, kemungkinan Anda tidak cocok dengan produk tersebut.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu kandungan produk. Beberapa zat seperti paraben, quaternium-15, phthalate, dan zat alergen lainnya mungkin perlu Anda hindari.

3. Bersihkan alat rias secara berkala

Sebenarnya alergi ini tidak hanya disebabkan oleh kandungan produk saja, kebersihan alat rias juga sangat berpengaruh.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan kebersihan tangan, spons bedak yang digunakan, dan meja rias Anda. Gunakan produk kosmetik dengan bijak, jangan terlalu tebal dan harus dibersihkan ketika Anda akan tidur.

4. Jaga kebersihan kulit wajah

Mencuci wajah enggak harus selalu menggunakan sabun pencuci muka kok. Sebab, penggunaan sabun muka yang terlampau sering bisa menyebabkan kulit wajah jadi kering, mudah teriritasi, dan keluhan lainnya.

Sebaiknya, gunakanlah sabun wajah untuk mencuci muka pada malam hari sebelum tidur. Akan lebih baik lagi, bila sabun yang kamu pilih memiliki pH normal (seimbang). Di samping itu, cucilah muka 2-3 kali perhari dengan air biasa (tidak perlu selalu menggunakan sabun wajah).

TAGS : Kulit Wajah Alergi Kosmetik




TERPOPULER :