Jum'at, 21/09/2018 00:06 WIB

Julia, Manusia Tertua di Dunia yang Tak Diakui

Pasalnya, catatan milik Julia belum dikonfirmasi, dan konon belum ada referensi tentang perempuan tersebut.

Julia Flores (Foto: AP)

Sacaba – Gelar manusia tertua seyogyanya akan jatuh ke tangan Julia Flores Colque. Perempuan asal Bolivia yang lahir pada 26 Oktober 1990 itu kini berusia menjelang 118 tahun, melewati perempuan Jepang, Nabi Tajima yang wafat awal tahun ini di usia 117 tahun.

Namun sayang, museum Guinness World Records belum berencana memasukkan namanya sebagai manusia tertua. Pasalnya, catatan milik Julia belum dikonfirmasi, dan konon belum ada referensi tentang perempuan tersebut.

Dilansir dari Associated Press pada Selasa (28/8), Julia yang ditemui di rumahnya, masih kuat bernyanyi sembari memetik gitar kecil Andean khas Bolivia.

Padahal di balik kerutan kulit wajahnya, Julia menjadi saksi dua kali perang dunia yang menewaskan jutaan nyawa, revolusi Bolivia, dan transformasi kota Sacaba, dari kawasan berpenghuni 3.000 orang menjadi 175.000 dalam lima dekade.

“Jika Anda mengatakan akan datang, saya akan mengingat semua lagu,” katanya sambil bercanda.

Menurut keterangan sang cucu, Agustina Berna (65), Julia merupakan sosok yang selalu aktif, santai, dan menyenangkan semua orang. Ia tumbuh di dataran tinggi Bolivia dengan berjualan produk bebuahan dan sesayuran.

“Dia juga masih mempertahankan diet sehat, meskipun tetap makan kue dan segelas soda,” ujar Agustina.

Terkait penolakan World Guinness Records, klaim Julia sebagai manusia tertua masih harus diselidiki. Pasalnya, tidak ada kelahiran di Bolivia hingga 1940.

TAGS : Unik Manusia Tertua Julia Flores




TERPOPULER :