Senin, 24/09/2018 12:18 WIB

Jika Perang, Iran akan Permalukan Gedung Putih

Khatami memperingatkan Gedung Putih bahwa Paman Sam akan dihina bangsa Iran jika berani menyebabkan kerusakan di Negeri Para Mullah.

Ulama Iran Ayatollah Ahmad Khatami (Foto: Muhammad Mohsendifar)

Tehran - Ulama Iran, Ayatollah Ahmad Khatami memperingatkan AS konsekuensi mengambil tindakan militer terhadap Iran. Ia mengatakan, agresi semacam itu akan menimbulkan biaya besar tidak hanya di AS, tetapi juga pada sekutunya, rezim Zionis Israel.

Dalam sebuah pidato kepada jamaah salat Idul Adha di Teheran, Khatami memperingatkan Gedung Putih bahwa Paman Sam akan dihina bangsa Iran jika berani menyebabkan kerusakan di Negeri Para Mullah.

"Biaya dari kemungkinan perang AS terhadap Iran akan sangat berat bagi orang Amerika, dan setiap agresi terhadap Iran akan menimbulkan biaya tidak hanya di Amerika, tetapi juga pada sekutunya, rezim Zionis," katanya dilansir Tehran Time, Kamis (23/8).

Ia juga menolak gagasan negosiasi dengan AS. Ia mengatakan warga Iran sudah melihat Washington mengingkari kesepakatan nuklir 2015 dan menarik diri dari Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) dengan cara "tidak manusiawi".

Pada 13 Agustus, Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyed Ali Khamenei secara bulat menolak gagasan negosiasi dengan AS. Ia mengatakan dialog dengan rezim penindas melalui negoisasi sebagai alat untuk mengejar kebijakan yang bermusuhan adalah terlarang dan akan merugikan Iran.

Pemimpin itu juga menegaskan bahwa selama pembicaraan nuklir, Iran sudah mengetahui metode AS untuk pembicaraan, yang sekarang digunakan untuk menangani Korea Utara.

"Mereka (Amerika) dengan mudah mengingkari janji dan menolak untuk memenuhi mereka setelah negosiasi," Ayatollah Khamenei.

TAGS : Iran Amerika Serikat Ahmad Khatami




TERPOPULER :