Kamis, 20/09/2018 15:25 WIB

Wakapolri Jadi Menteri, Ini Respon Kapolri Tito

Soal pengganti Syafruddin, kata Iqbal, hingga saat ini belum ada keputusan dari Kapolri.

Presiden Jokowi lantik Komjen Syafruddin jadi MenpanRB

Jakarta - Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Syafruddin telah resmi mengundurkan diri dari Polri. Surat pengunduran diri Syafruddin sudah dilayangkan kepada Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian pada Selasa (14/8/2018).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Mohammad Iqbal,‎ di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/8/2018). Namun, Iqbal tidak mengetahui secara pasti apakah pengunduran diri itu dilakukan sebelum atau sesudah adanya kabar perihal pengangkatan terhadap Syafruddin.

"Pengunduran diri itu sudah disetujui Kapolri dan kemudian Kapolri sudah mengirimkan surat itu ke Istana yaitu Joko Widodo selaku Presiden. Memang sudah ada info bahwa beliau ditunjuk untuk jadi menteri. Otomatis untuk persyaratan itu beliau harus mengundurkan diri. Itu mekanisme yang berlaku di Polri," ucap Iqbal.

Syafruddin tadi pagi resmi dilantik menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi oleh Presiden Jokowi di Istana Negara. ‎Syafruddin menggantikan Asman Abnur yang mundur dari kabinet.

Status Syafruddin sudah tidak menjadi anggota Polri lagi setelah pengundurandiri itu direstui.‎ "Sudah tidak agi. Jadi pengunduran diri bahasanya adalah pensiun dini walaupun beliau masih tersisa sampai Bulan Mei tahun depan," imbuh dia.

Soal pengganti Syafruddin, kata Iqbal, hingga saat ini belum ada keputusan dari Kapolri. Menurut Iqbal, penujukan Wakapolri baru pengganti Syafruddin merupakan hak preogratif Kapolri.

"Sampai saat ini blm ada keputusan dr pimpinan krn jabatan wakapolri adalah murni hak preogratif pak kapolri, tapi kita prediksi tidak lama lagi akan segera menunjuk siapa wakapolri yang akan mendampingi Kapolri mengawaki institusi Polri," tutur dia.

Apa Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis menjadi Wakapolri?

"Silakan saja ada yang berasumsi menerka dll, tetapi definitif saya selaku jubir Polri mengatakan belum tahu siapa Wakapolrinya. Kita serhakan saja ke bapak Kapolri, karena ini murni hak preogratif Kapolri," jawabnya.

TAGS : kapolri Tito Karnavian Sjafruddin Wakapolri




TERPOPULER :