Jum'at, 16/11/2018 16:19 WIB

Siapa Bilang Tak Bisa Jadi Wanita di Luar Ekspektasi

Survey menunjukkan sembilan dari 10 wanita Indonesia merasa harus selalu memenuhi ekspektasi dari keluarga dan juga masyarakat.

Survey menunjukkan sembilan dari 10 wanita Indonesia merasa harus selalu memenuhi ekspektasi dari keluarga dan juga masyarakat (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Gerakan #SiapaBilangGakBisa jadi wanita di luar ekspektasi yang kenyataannya masih sulit diwujudkan untuk wanita Indonesia.

Pantene melakukan survei dan hasilnya cukup menarik dimana 9 dari 10 wanita Indonesia yang telah mengikuti survei Pantene merasa harus selalu memenuhi ekspektasi dari keluarga dan juga masyarakat yang memiliki harapan tertentu terhadap mereka.

Seolah peran wanita sudah ditentukan sejak lahir, para wanita berupaya untuk tidak mengabaikan setiap ekspektasi tersebut agar segala sesuatunya tidak menjadi sebuah kesalahan dan masalah yang rumit.

Ketika mereka harus memilih antara melanjutkan pendidikan, memilih pekerjaan yang tepat atau menentukan waktu untuk menikah, di saat itulah mereka harus memutuskan untuk tujuan hidup mereka.

Sebagian besar wanita Indonesia yang telah mengikuti survei mengatakan, bahwa perjalanan mencapai tujuan hidup itu tidak pernah mudah. Merekaharusselalumengatasisetiaprintangan yang terjadi karena mereka tahu itu semua akan membuat mereka lebih bijaksana, kuat dan percayadiri.

Bagi 91 persen wanita Indonesia mengaku ingin memiliki keluarga dan menjajaki dunia karir di saat yang bersamaan, namun banyak kendala yang membuat mereka tidak dapat melakukan keduanya.

Sebanyak 48 persen di antaranya karena tidak memiliki kesempatan untuk belajar, 38 persen perempuan merasa harus menyeimbangkan antara pekerjaan dan pendidikannya, sedangkan 28 persen lagi harus berjuang melawan ekspektasi dan kritikan sosial dari masyarakat.

Senior Communications Manager P&G Indonesia Ovidia Nomia mengatakan pihaknya memahami bahwa sebagian besar wanita Indonesia ingin mengejar lebih dari sekadar jalan yang mereka harapkan, karena mereka percaya itu semua dapat membawa kebaikan yang lebih besar untuk dirinya sendiri dan juga orang lain.

"Untuk itu kami ingin menunjukkan bahwa wanita Indonesia dapat menjadi wanita di luar ekspektasi melalui cerita para wanita kuat  dan semoga cerita para wanita kuat ini menginspirasi lebih banyak wanita di Indonesia,” ujar Ovie di Jakarta, Selasa (14/8).

Dalam hidup akan selalu ada dua sisi yang saling bertolak belakang, namun setiap wanita berhak memilih bahkan membuktikan bahwa mereka mampu menjadi seseorang yang melampaui ekpektasi tersebut.

Terutama bagi setiap wanita Indonesia yang berani mengejar cita-citanya dan tetap bertanggung jawab atas apa yang telah menjadi jalan hidup mereka.

TAGS : Wanita Indonesia Ekspektasi




TERPOPULER :