Selasa, 13/11/2018 13:31 WIB

NASA Diminta Fokus ke Mars bukan ke Bulan

Rencana NASA menyimpang dari tujuan untuk menempatkan manusia di planet merah pada tahun 2033

Ilustrasi Helikopter Mars (Foto: NASA)

Jakarta - Senator mengkritik NASA karena tidak menghabiskan cukup uang pada misi dukungan pemerintah Trump untuk mengirim manusia ke Mars dalam waktu dekat. Para petinggi tersebut mendesak badan untuk membuat keputusan sulit dan lebih fokus pada Mars daripada bulan.

Anggaran $ 20 miliar yang diusulkan oleh NASA untuk fiskal 2019 tidak termasuk pengembangan kendaraan transportasi Mars, tetapi melakukan beberapa upaya terkait bulan.

Rencana NASA menyimpang dari tujuan untuk menempatkan manusia di planet merah pada tahun 2033, yang ditekankan dalam Undang-Undang Otorisasi Transisi Presiden 2017 Donald Trump ditandatangani.

"NASA sedang bergerak pada akuisisi besar seperti pengembangan pendaratan ke bulan. Apa keuntungan dari itu?" ujar Senator Bill Nelson dari Florida pada sidang Senat Subkomite tentang Ruang, Sains, dan Daya Saing Kamis (26/07).

"Kami harus memastikan bahwa kami membuat pilihan cerdas tentang prioritas. Kami tidak memiliki hampir 5 persen anggaran federal untuk NASA seperti pada zaman astronot Neil Armstrong dan Buzz Aldrin," tambahnya.

Pertemuan dengan Dewan Antariksa Nasional bulan lalu, Trump mengatakan pemerintahannya bertujuan untuk membangun kehadiran jangka panjang di bulan, untuk meletakkan landasan bagi misi Mars akhir.

NASA belum mengirim misi berawak ke bulan sejak 1972, setelah mendarat di sana pada delapan kesempatan sebelumnya. Ketika dia menjabat, Trump menekankan keinginannya untuk kembali ke permukaan bulan.

Apakah NASA dapat mencapai Mars pada batas waktu 2033, meskipun, tidak jelas. Badan antariksa telah beberapa bulan terlambat datang dengan rencana langkah-demi-langkah, seperti yang dipersyaratkan oleh hukum.

"Kami perlu membantu NASA mengangkat pandangannya melewati bulan dan memahami bagaimana pekerjaan yang kami lakukan di ruang yang paling dekat dengan Bumi akan melayani kami dalam pencarian kami untuk Mars," kata Senator Ed Markey , D-Mass

"NASA dan Kongres harus membuat keputusan sulit dalam hal pendanaan," lanjutnya.

Para ahli mengatakan tidak adanya pendanaan yang stabil dan peta jalan yang jelas dapat menyebabkan penyimpangan dalam industri eksplorasi Mars.

"Jika Anda tidak memiliki pekerjaan untuk orang-orang Anda, mereka tidak tinggal di tim," turur Tory Bruno, presiden dan CEO United Launch Alliance, sebuah perusahaan yang menyediakan layanan peluncuran pesawat ruang angkasa, mengatakan kepada anggota parlemen.

"Peluncuran bantalan, pabrik perkakas, itu yang paling dapat diganti; pengetahuan, keahlian dan pengalaman, itu sangat mudah rusak."

Menjaga arah yang berkelanjutan sangat penting, para ahli menambahkan, untuk industri kedirgantaraan untuk mengembangkan kemitraan internasional untuk eksplorasi manusia ke Mars.

"Mitra internasional kami ingin kami memimpin," kata CEO Explore Mars, Chris Carberry.

"Mereka terus mengatakan di berbagai acara yang akan mereka ikuti jika mereka dapat melihat bahwa kami benar-benar memimpin jalan, tetapi mereka memiliki kekhawatiran bahwa kami terus mengubah arah."

TAGS : NASA Mars Bulan Amerika




TERPOPULER :