Jum'at, 26/04/2024 14:43 WIB

Dimsum Mbledos, Sajian Kaki Lima Rasa Bintang Lima

Selama ini pembeli yang datang sering kembali lagi karena harga yang terjangkau dan rasa bisa diadu.

Aneka menu dimsum mbledos (Foto: Eka Pramita)

Jakarta - Aroma dimsum yang khas dan harum langsung terasa jika kita melewati kawasan Radio Dalam Raya, Jakarta Selatan. Desain warungnya pun tampak meriah khas Tiongkok, lengkap dengan lampion merah dan para pelayannya pun berbusana ala China.

Nama terpampang jelas “ Dimsum Mbledos” nama yang unik dan mudah diingat. Selama ini dimsum, khususnya di kota besar seperti di Jakarta kebanyakan tersedia di resto-resto besar atau kawasan kuliner elit, tapi ada juga beberapa yang bisa diakses oleh semua kalangan.

Salah satunya adalah Dimsum Mbledos yang membandrol harga per porsi mulai Rp. 13.000,-/menu. Istimewanya lagi pengunjung juga bisa memilih sendiri aneka dimsum yang ditata di show case.

Dimsum sendiri adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya dimsum dimakan sebagai sarapan atau brunch. Namun karena dimsum lebih populer di dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer.

Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh.

Dimsum Mbledos awalnya berdiri di Surabaya, lalu membuka cabang di Jakarta ini menyediakan 2 macam dimsum, goreng dan steam, menu lain yang tak kalah enak adalah Suki Yaki.

Menurut Hanif yang saat itu ditemui di bagian kasir mengatakan pihaknya mengonsep warung dimsum yang bisa diakses banyak pengunjung dari berbagai kalangan.

“Meski kami buka di emperan toko, tapi soal rasa tak kalah di resto-resto bintang lima,” ujarnya ramah. Selama ini, lanjutnya pembeli yang datang sering kembali lagi karena harga yang terjangkau dan rasa yang bisa diadu.

Untuk masakan suki yang disajikan dengan steam boat terdiri dari aneka kaldu seperti sayur, jamur, tofu, ayam, seafood dan beef. Menu lain ada bubur taiwan dan dimsum hot plate. Tidak lupa mencicipi teh Olong Chinese Tea yang menjadi minuman khas Dimsum Mbledos.

Dalam kesempatan malam itu, saya mencicip hidangan dimsum yang terdiri dari lunpia galau, dimsum ceker, pangsit nori, siomay ayam, xiao long bao dan bakpau landak isi kacang hijau.

Rasa yang dominan dari lunpia galau adalah perpaduan ayam dan nori dibungkus dengan lunpia yang renyah, sementara bumbu khas ceker yang menggunakan angkak meresap sampai ke tulangnya. Siomaynya juga juara, daging dan udangnya terasa gurih, begitu pun dengan bakpaonya yang unik bentuknya seperti landak, menggugah untuk dihabiskan.

Menu dimsum yang jadi andalan antara lain: siomay, sushi, kocoi, kembang tahu, ceker, hakau, rolade, bakpao, pangsit, xiao long bao, kei chak, wotiek, bola dansa, magnum, lunpia, shrimp bom, dan mantau. Isiannya mulai dari sayur, ayam, udang, nori, crab, bakso dan lain-lain.

Dimsum mbledos memiliki secret recipe yang dibuat langsung dari home industri di Surabaya, salah satu bumbunya adalah bernama lobo. Hampir semua bahan dicampur oleh lobo, termasuk campuran tomyam.

“Kami tinggal menambah bumbu lokal seperti cabe dan bumbu dapur,” ujar Hanif. Untuk kuah suki ditambah bawang putih goreng dan saus suki. Selain di Radio Dalam, Dimsum Mbledos juga tersedia di Pasar Santa, Kelapa Gading dan Bintaro.  So, siapa bilang dimsum mahal dan elit?

KEYWORD :

Dimsum Mbledos Kuliner




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :