Rabu, 26/09/2018 06:36 WIB

Angelina Jolie Serukan Fokus Pencegahan Konflik

Akhir bulan lalu, PBB membuat seruan  mendesak dan kritis agar anggaran utamanya dialokasikan ke pengungsi Suriah setelah bantuan yang dijanjikan pada bulan April gagal masuk.

Angelina Jolie

Irbil - Bintang Hollywood, Angelina Jolie menyerukan agar fokus lebih besar pada pencegahan konflik ketimbang menanggapi dampaknya. Itu disampaikan selama kunjungan ke Irak dengan badan pengungsi PBB.

"Saya berharap kita dapat menemukan jalan yang lebih baik untuk maju bersama. Kita harus memasuki era baru untuk mencegah konflik dan mengurangi ketidakstabilan, daripada hanya berjuang untuk menghadapi konsekuensinya,” kata Jolie pada konferensi pers di Kamp pengungsi Domiz di wilayah Kurdistan otonom Irak.

Kamp Domiz dibuka pada 2011 dan merupakan rumah bagi 40.000 pengungsi Suriah yang melarikan diri dari perang sipil tujuh tahun.

"Ketika UNHCR Suriah hanya bertanggung jawab 50 persen tahun lalu, dan tahun ini hanya 17 persen,  maka akan ada konsekuensi yang mengerikan bagi pengunsi," kata Jolie.

"Kita seharusnya tidak memiliki ilusi tentang ini," tambahnya.

Akhir bulan lalu, PBB membuat seruan  mendesak dan kritis agar anggaran utamanya dialokasikan ke pengungsi Suriah setelah bantuan yang dijanjikan pada bulan April gagal masuk.

"Ketika bahkan tidak ada bantuan minimal, keluarga pengungsi tidak dapat menerima perawatan medis yang memadai, perempuan dan anak  menjadi rentan terhadap kekerasan seksual, banyak anak tidak dapat pergi ke sekolah, dan kita menyia-nyiakan kesempatan berinvestasi dalam pengungsi, sehingga mereka dapat memperoleh keterampilan baru dan mendukung keluarga mereka," katanya.

Sabtu lalu, Jolie mengunjungi Mosul barat, yang dikuasi oleh Islami State Iraq and Syria (ISIS) selama hampir tiga tahun hingga mereka diusir oleh pasukan Irak musim panas lalu. Selama kunjungannya, ia berjalan melewati Kota Tua Mosul yang hancur, bertemu dengan keluarga yang terlantar dan berbicara tentang rekonstruksi.

"Ini adalah kehancuran terburuk yang pernah saya lihat selama bertahun-tahun dengan UNHCR," kata Jolie.

"Ini sangat mengesalkan bahwa orang-orang yang mengalami kebrutalan yang tidak biasa, entah bagaimana, untuk membangun kembali kehidupan yang pernah mereka miliki," ujar Jolie

Ini adalah kunjungan ketiga Jolie ke kamp sebagai utusan khusus UNHCR, setelah kunjungan sebelumnya pada 2012 dan 2016. Selain itu ini juga merupakan misi ke-61-nya dengan badan pengungsi PBB sejak tahun 2001.

TAGS : Angelina Jolie PBB Suriah




TERPOPULER :