Selasa, 25/09/2018 12:51 WIB

Menanti Hasil Tim Pemburu Buaya di Kawasan Ancol dalam Sepekan

Tim gabungan dibentuk untuk memburu ‎buaya yang masih berkeliaran di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Buaya

Jakarta - Tim gabungan dibentuk untuk memburu ‎buaya yang masih berkeliaran di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tim yang terdiri dari ratusan personiel gabungan beberapa elemen ini akan bekerja mencari buaya muara berkukuran 2,5 meter itu selama satu pekan atau tujuh hari.

"Tujuh hari kita rencananya," ucap Kapolres Kepulauan Seribu, AKBP Victor Siagian saat dikonfirmasi, Minggu (17/6/2018).

Selain pihak kepolisian, tim gabungan yang terjunkan berasal dari TNI AL, Pemadang Kebakaran, Satpol PP, BPBD DKI, Basarnas, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP), dan Tim Margasatwa Ragunan. Tim tersebut dipecah untuk 4 titik. Yakni, Pondok Dayung, wilayah Pulau Seribu, Kali Adem, dan Pantai Ancol.

Pencarian hari Minggu pagi ini dimulai dengan apel dipimpin langsung oleh Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah. Namun, pencarian pada hari ini belum membuahkan hasil. ‎"Kita cari terus sektor-sektornya kita bagi," tegas Victor.

Keberadaan tim gabungan "pemburu" buaya itu diamini ‎Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Bahkan, Sandiaga menyebut jika dalam tim gabungan itu melibatkan pawang buaya.

"Kami sudah menurunkan tim dari Ragunan pawangnya," ujar Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno saat dikonfirmasi terpisah, di Jakarta.

Kata Sandi, dirinya dan Menteri KLH Siti Nurbaya harap buaya bisa ditangkap dengan tidak tembak, tetapi dengan jaring. Lantaran sudah ada tim yang menangani, Sandi juga berharap supaya masyarakat tak cemas. Sandi juga berharap partisipasi masyarakat, dengan melapor jika ada yang melihat keberadaan buaya tersebut.

"Lebih baik ditangkap dengan jaring dan dikembalikan ke penangkaran atau ke habitatnya," imbuh Sandi.

Wakapolri Komjen Syafruddin juga angkat bicara mengenai kemunculan ‎buaya tersebut.‎ Menurut Syafruddin, pihaknya sudah mengirimkan tim untuk melakukan pencarian buaya. Hal itu untuk memastikan venue-venue Asian Games, seperti jet ski, yang berada di dekat lokasi kemunculan buaya, aman.

Syafruddin pun berharap buaya tersebut tidak mendekat ke arena Asian Games. Dia juga berharap agar tim pencarian bisa menemukan buaya tersebut.

"Saya tugaskan tim untuk datang ke venue-venue di Ancol. Di sana kita ada venue jet ski, layar, ada apa, berkoordinasi dengan aparat-aparat yang terlibat supaya memastikan atlet kita dalam berlatih atau apa, bisa aman. Mudah-mudahan buayanya ketemu," ucap Ketua Kontingen Asian Games itu saat dikonfirmasi terpisah.‎

TAGS : Pantai Ancol Buaya Libur Lebaran




TERPOPULER :