Jum'at, 26/04/2024 14:32 WIB

Saat Puasa Bisa Tetap Olahraga

Menjaga kesehatan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit.

Olahraga bisa dilakukan sebelum buka puasa atau setelah berbuka.(Foto: IG/jakbrunners)

Jakarta - Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas beraktivitas. Saat berpuasa, sebaiknya tetap berolahraga karena sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda. Seperti yang dilakukan komunitas Jakbrunners di oval atrium, Epiwalk, Jakarta. Setiap Senin, mereka mengadakan olahraga untuk menguatkan otot-otot tubuh.

Olahraga yang dilakukan tidak hanya bermanfaat untuk kekuatan tubuh saat Anda ingin memulai lari atau aktivitas fisik lainnya. Tetapi juga menjaga kesehatan tubuh agar tidak rentan terhadap penyakit.

Menurut Cakra Wira Persada, sebagai salah satu Coach Jakbrunners, latihan fisik dilakukan setidaknya 30 menit sebelum berbuka puasa, atau setelah berbuka.

"Misalnya, mulai pada pukul 17.00, sebelum berbuka. Boleh lari, dan pemanasan tidak masalah. Yang penting jalankan yang ringan-ringan saja," kata Cakra kepada media beberapa waktu lalu.

Senada dengan Cakra, menurut Paul Wegas, yang juga sebagai salah satu coach di Jakbrunners menambahkan, jenis olahraga yang dilakukan bisa apa saja. Yang paling penting adalah tahu kondisi tubuh Anda sendiri.

"Kalau badan mulai protes, harus bisa berhenti. Misalnya flu, itu harus dikurangi dulu kegiatannya. Setelah istirahat penuh, dan kembali fit, tubuh akan siap bekerja dan berolahraga kembali," ujar Paul.

Paul juga menambahkan selain sebelum berbuka, jika ingin berolahraga, Anda bisa siapkan waktu sebentar sekitar 15 menit setelah sahur dan sebelum imsak.

"Bisa juga olahraga setelah berbuka, 15 menit cukup, atau setelah buka puasa itu bisa 30 menit, kemudian kalau mau tambah, bisa jadi satu jam," katanya Paul.

KEYWORD :

olahraga jakbrunners tips puasa sehat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :