Rabu, 18/09/2019 12:27 WIB

Penyakit yang Kerap Dialami Saat dan Setelah Puasa

Jagalah kesehatan selama menjalankan ibadah puasa dengan beberapa hal berikut.

Ilustrasi Penyakit Maag (Foto: Upi.com)

Jakarta - Di bulan ramadan, jadwal makan mengalami perubahan sehingga mempengaruhi asupan nutrisi yang tidak cukup atau tidak seimbang. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan terutama masalah lambung. Beberapa penyakit yang umum dialami saat dan setelah puasa & lebaran sebagai berikut:

1. Mual dan muntah
Kasus ini disebabkan beberapa hal yaitu : hari-hari pertama puasa dimana tubuh tiba-tiba mengalami perubaha jadwal makan, tidak makan saat sahur, makan yang terlalu banyak saat buka puasa, dan makan pedas. "Cara mengatasinya yaitu selalu makan saat sahur, dan hindari makan yang pedas dan asam," kata dr. Epistel.

2. Diare
Ini disebabkan terlalu banyak makan makanan berlemak dan menyebabkan lambung sulit mencerna sehingga memicu diare. Untuk menghindari terjadinya diare dengan mengatur pola maka seimbang yang sehat.

3. Kembung
Usai berbuka atau sahur sering kali perut menjadi kembung karena makan dan minum terlalu banyak. Sebaiknya makan secukupnya  dan konsumsi makanan tinggi serat.

4. Konstipasi
Disebabkan konsumsi serat yang rendah dan kurang minum, untuk mencegahnya konsumsi serat tinggi dan minum delapan gelas air putih per hari.

5. Nyeri maag atau perut
Penyakit ini banyak dialami orang-orang yang berpuasa, karena mengonsumsi makanan berlemak terlalu banyak. Pola makan seimbang yang sehat dapat mengatasi masalah ini.

6. GERD kambuh
Ini disebabkan tidur setelah makan banyak saat buka puasa atau sahur. Cara mengatasinya hindari makan yang berlebihan, hindari kopi, makanan berlemak tinggi, hindari berbaring setelah makan, posisi baring lebih tinggi setelah sahur.

7. Sakit kepala
Ini disebabkan seseorang menahan rasa ngantuk, hilangkan kebiasaan merokok atau minum kopi saat bekerja. Cara mengatasi, tidur yang cukup di malam hari, hentikan konsumsi kopi dan merokok selama puasa.

8. Gula darah rendah
Hal ini disebabkan karena tidak makan sahur sehingga tubuh kekurangan kalori yang menyebabkan tubuh gampang lelah. Minum obat-obat diabetes juga daoat menurunkan gula darah. Bagi penderita diabetes yang akan berpuasa baiknya konsultasikan ke dokter.

"

TAGS : tips puasa ramadan sehat penyakit lambung nutrisi




TERPOPULER :