Sabtu, 27/04/2024 07:37 WIB

Petinggi Facebook Diinterogasi Politisi Kanada

Akibat kelalaian tersebut, kepala kebijakan publik Facebook di Kanada, Kevin Chan meminta maaf lantaran telah melanggar kepercayaan pengguna.

Facebook Inc

Jakarta - Politisi Kanada menginterogasi petinggi-petinggi Facebook dan bertanya mengapa mereka tidak memberitahukan kepada lebih dari 600.000 warga Kanada bahwa hak privasi mereka mungkin dilanggar.

Akibat kelalaian tersebut, kepala kebijakan publik Facebook di Kanada, Kevin Chan meminta maaf lantaran telah melanggar kepercayaan pengguna.

"Yang diduga terjadi di sini adalah pelanggaran kepercayaan pengguna terhadap kami, dan kami meminta maaf," kata Kevin Chan,

Komite Dewan Perwakilan itu bertanya kepada petugas privasi Facebook Robert Sherman mengapa pengguna Kanada tidak diberi tahu mengenai kebocoran data itu pada 2016 silam.

"Saya sadar kami seharusnya melakukan itu," kata Sherman.

Seorang warga Kanada, Christopher Wylie, mengungkapkan adanya kebocoran data itu yang mempengaruhi lebih dari 80 juta pengguna Facebook di seluruh dunia.

Data pribadi mereka diakses oleh perusahaan riset asal Inggris Cambridge Analytica, yang menjual informasi mengenai kecenderungan setiap pengguna, tanggal lahir, kepercayaan agama, dan lain-lain.

Para petinggi Facebook pada Kamis mengakui bahwa data itu mungkin digunakkan oleh Cambridge Analytica untuk membantu kampanye anti-UE di Inggris dan untuk memenangkan kepresidenan bagi Donald Trump di AS.

Mereka ditanya apakah Facebook akan menerapkan keamanan lebih dan berinisiatif melaporkan adanya kebocoran di masa depan, namun para petinggi itu hanya mengatkan mereka sekarang sudah bekerja dengan pihak pemerintah Kanada untuk mengembangkan beberapa regulasi.

Namun pihak Facebook juga sempat mengancam Kanada bila menerapkan peraturan terlalu banyak, perusahaan itu siap memotong investasi mereka di Kanada.

Facebook merencanakan investasi CAD 7 juta untuk riset dalam bidang kecerdasan buatan (AI) di kota Montreal.

"Kami diberi tahu bila Kanada mengeluarkan regulasi baru, investasi Facebook di Kanada bisa terancam," kata anggota parlemen Peter Kent.

Hal itu dibantah oleh Chan yang mengatakan Facebook "bangga menjadi pendukung AI di Kanada." (AA)

KEYWORD :

Facebook Kanada Kebocoran Data




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :