Kamis, 15/11/2018 19:44 WIB

"Perang Dagang" AS-China Sebabkan Harga Minyak Naik

Ketegangan China dan Amerika Serikat di sektor perdagangan telah menyebabkan harga minyak berbalik naik

Presiden Donald Trump (R) dan Presiden China Xi Jinping (L) (Foto: AP)

Beijing - Ketegangan China dan Amerika Serikat di sektor perdagangan telah menyebabkan harga minyak berbalik naik atau `rebound` pada akhir perdagangan, Senin (Selasa pagi).

Pasalnya, `Perang Dagang` tersebut dinilai telah memicu berkurangnya transaksi perdagangan di antara kedua negara.

Dilansir dari Xinhua, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan, pihaknya tak mengharapkan perang dagang AS dan China berlangsung dalam waktu lama.

Pasar minyak terpukul keras pekan lalu di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia, dengan harga minyak New York dan Brent jatuh hampir dua persen pada Jumat lalu (6/4).

Sementara itu, harga minyak juga didukung oleh pelemahan dolar AS pada Senin (9/4), karena greenback yang lebih lemah membuat minyak yang dihargakan dalam dolar AS lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,31 persen menjadi 89,826 di akhir perdagangan.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei, naik 1,36 dolar AS menjadi menetap di 63,42 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni, bertambah 1,54 dolar AS menjadi ditutup pada 68,65 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. (Ant)

TAGS : Minyak Amerika Serikat China Perang Dagang




TERPOPULER :