Jum'at, 26/04/2024 11:32 WIB

Kampanye Jam Main Kita, Hindarkan Anak dari Cacingan

Bangkitkan kembali permainan tradisional Indonesia untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak Indonesia.

Combantrin bekerja sama dengan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) meluncurkan kampanye #JamMainKita.(FOTO : ISTIMEWA)

Jakarta - Cacingan pada dasarnya dapat diatasi dan yang terpenting adalah anak harus tetap tumbuh berkembang secara fisik maupun mental. Dan salah satunya adalah dengan aktif bermain di luar bersama keluarga, kerabat maupun teman-teman sebaya mereka.

Lakish Hatalkar, Presiden Direktur PT Johnson & Johnson Indonesia mengatakan, dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak keluarga Indonesia mengandalkan gawai (gadget) dan bahkan lebih menyukai apabila anak-anak mereka memilih bermain di dalam rumah.

Kondisi ini telah mengubah definisi anak- anak tentang bermain. Padahal bermain permainan tradisional di luar ruangan banyak melibatkan aktivitas fisik yang mendorong stimulasi motorik dan psikologis anak yang akan membantu perkembangannya. "Kondisi inilah yang melatarbelakangi Combantrin untuk meluncurkan gerakan sosial #JamMainKita," kata Lakish di Jakarta, Kamis (22/3).

Bekerjasama dengan LPAI, inisiatif ini juga merupakan bentuk dukungan Combantrin terhadap program pemerintah, GERMAS (Gerakan Masyarakat untuk Hidup Sehat) yang diterapkan bagi semua kelompok populasi khususnya bagi anak-anak dan juga membantu menekan angka prevalensi cacingan (28,12 persen) yang saat ini masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Seto Mulyadi selaku Ketua LPAI menjelaskan pihaknya memiliki visi yang sama dengan Combantrin, yaitu memberikan perlindungan kesehatan Anak Indonesia. "Kami menyadari bahwa Indonesia kaya akan budaya dan memiliki banyak permainan tradisional yang hampir terlupakan," kata Kak Seto.

Ia berharap #JamMainKita bisa menjadi kesempatan untuk memperkenalkan dan mempopulerkan kembali permainan tradisional kepada generasi muda kita. "Permainan tradisional juga bisa menjadi media untuk melestarikan nilai budaya dan tradisi daerah yang menjadi kekayaan bangsa kita," lanjutnya.

Sebagai rangkaian kegiatan gerakan sosial #JamMainKita, pada Minggu 25 Maret 2018 mendatang, Combantrin akan menggelar tempat bermain permainan tradisional saat Car Free Day bertempat di Area Silang Timur Monumen Nasional (MONAS) Jakarta. Acara ini terbuka untuk umum dan akan dimulai sejak pukul 06.00 WIB di pagi hari.

Untuk mengajak lebih banyak lagi keluarga Indonesia agar bergabung mendukung gerakan nasional #JamMainKitaini, masyarakat luas dapat memperoleh informasi mengenai kegiatan kampanye #JamMainKita melalui combantrin.co.id atau di aset media sosial kita, instagram CombantrinID dan youtube Combantrin Indonesia.

KEYWORD :

Combantrin LPAI anak cacing main




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :