Selasa, 20/11/2018 12:44 WIB

Hentikan Budaya Lembur, Komputer di Korea Dimatikan Paksa

Korea Selatan punya masalah dengan kebiasaan warganya yang kerap kerja lembur setiap malam.

Ilustrasi kerja lembur (foto: Istock)

Seoul - Korea Selatan punya masalah dengan kebiasaan warganya yang kerap kerja lembur setiap malam. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah akan mematikan seluruh koneksi komputer tepat pada pukul 8 malam setiap hari.

Dilansir dari BBC, Korea Selatan merupakan negara dengan jam kerja terpanjang di dunia. Pegawai pemerintah di Negeri Gingseng memiliki jam kerja rata-rata 2.738 jam per tahun. Jumlah itu 1.000 jam lebih banyak dari pekerja di negara maju lainnya.

Adapun program tersebut akan dimulai pada 30 Maret mendatang, dan berlaku selama tiga bulan ke depan dalam tiga tahap.

Tahap pertama yakni pemutusan koneksi komputer pada pukul 8 malam. Diharapkan setelah jam 8 malam, tidak ada pekerja lagi yang berkutat di kantor.

Kemudian pada tahap kedua yang berlangsung April 2018, koneksi komputer akan diputus pada pukul 7.30 malam setiap jumat kedua dan keempat bulan itu. Lalu mulai Mei, komputer akan dimatikan pada pukul 7 malam setiap Jumat.

Tak semua orang senang dengan kebijakan tersebut. Pemerintah Metropolitan Seoul mengatakan, sebanyak 67,1 persen pekerja pemerintah minta dibebaskan dari aturan yang dianggap sarat pemaksaan itu.

Awal bulan ini, majelis nasional Korea Selatan mengeluarkan undang-undang, untuk mengurangi jam kerja mingguan, dari 68 jam menjadi 52 jam.

TAGS : Korea Selatan Kerja Lembur




TERPOPULER :