Selasa, 20/11/2018 05:06 WIB

Ketua DPR Desak Pemerintah Jujur Soal Kenaikan BBM

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diminta untuk menjelaskan terkait kenaikan harga BBM nonsubsidi dan kondisi kelangkaan BBM.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo

Jakarta - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) diminta untuk menjelaskan terkait kenaikan harga BBM nonsubsidi dan kondisi kelangkaan BBM.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, Kementerian ESDM harus memberikan data produksi dan konsumsi yang akurat kepada publik.

"Saya mendesak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk menjelaskan kondisi kelangkaan dan kenaikan harga BBM non-subsidi," kata Bamsoet, melalui pesan singkatnya, Jakarta, Selasa (27/2).

Tidak hanya itu, Bamsoet juga meminta Komisi VI DPR yang membidangi BUMN, serta Komisi VII DPR yang menangani energi untuk segera memanggil PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN). "Karena berdampak terhadap daya beli masyarakat," tegasnya.

Diketahui, terhitung sejak 24 Februari, Pertamina menaikkan harga minyak nonsubsidi seperti Pertamax, Dexlite maupun Pertalite. Kenaikan harga sekitar Rp300 untuk wilayah Jawa dan Bali; sedangkan di luar wilayah tersebut, kenaikan beragam. Harga Pertamax di Jakarta misalnya, naik menjadi Rp8.900 . Harga Dexlite naik dari Rp 7.500 per liter menjadi Rp 8.100 per liter.

TAGS : Kenaikan Harga BBM DPR Bambang Soesatyo




TERPOPULER :