Sabtu, 27/04/2024 06:37 WIB

AS Klaim Jadi Produsen Minyak Terbesar Dunia

Laporan pemerintah menunjukkan bahwa produksi pada November lalu mencapai rata-rata di atas 10 juta barel per hari

Ilustrasi kilang minyak

San Francisco – Departemen Energi Amerika Serikat mengumumkan, produksi minyak di Amerika Serikat mencapai 10 juta barel per hari untuk pertama kalinya dalam 48 tahun.

Dengan demikian, Amerika Serikat kini menjadi salah satu produsen minyak terbesar di dunia, bersama dengan Arab Saudi dengan 10,6 juta barel per hari, dan Rusia 11 juta barel per hari.

Laporan bulanan dari Administrasi Informasi Energi (EIA) menyebutkan, produksi minyak Amerika Serikat pada November 2017 rata-ratanya mencapai 10,038 juta barel per hari, atau naik 384 ribu barel per hari dibanding dengan Oktober.

Jumlah tersebut mendekati rekor yang dicapai pada November 1970, yaitu rata-rata 10,044 juta barel per hari.

EIA memperkirakan produksi minyak Amerika Serikat akan mencapai rata-rata sekitar 10,8 juta barel per hari pada 2019, dan 11 juta barel per hari pada November 2019. Jika prediksi ini terbukti, maka AS akan mengungguli Arab Saudi dan Rusia untuk pertama kalinya sejak 1975.

Peningkatan jumlah produksi Amerika Serikat disebabkan karena semakin banyak perusahaan mengebor minyak serpih sejak harga minyak melonjak 10 tahun lalu.

Banyak negara memperkirakan situasi pasar minyak internasional akan berubah drastis dalam lima tahun ke depan, karena AS terus meningkatkan produksinya, sementara negara-negara lain melambat.

Amerika Seriakt masih menjadi importir utama minyak mentah. Laporan EIA menunjukkan bahwa negara yang dijuluki Paman Sam itu mengimpor rata-rata 8 juta barel per hari selama Januari. (AA)

KEYWORD :

Minyak Amerika Serikat Arab Saudi Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :