Selasa, 12/12/2017 17:09 WIB

Foto Monyet Sumringah Asal Sulawesi jadi Person of The Year

Organisasi perlindungan hewan, People for the Ethical Treatment of Animal (PETA)  memberikan penghargaan Person of the Year kepada monyet asal Sulawesi .

Foto sumringah monye asal Sulawesi jadi Person of the Year (David Slater via Wikimedia Commons/npr.org)

Jakarta- Organisasi perlindungan hewan, People for the Ethical Treatment of Animal (PETA)  memberikan penghargaan Person of the Year kepada monyet asal Sulawesi yang paling banyak dibicarakan sejak enak tahun lalu. 

PETA memutuskan memberikan penghargaan Person of The Year kepada monyet Indonesia yang bernama Naruto ini lewat aksi swafotonya.

Nama Naruto mulai mencuat sejak  2011 ketika monyet tersebut berhasil menjepret dirinya menggunakan kamera yang disiapkan oleh fotografer alam Inggris David Slater.

Menurut Sputnik, Rabu (6/12), gambar monyet sumringah tersebut sempat jadi obrolan para warganet hingga viral dan akhirnya menarik perhatian PETA.

Kelompok hak binatang mengajukan tuntutan hukum yang mengklaim bahwa Naruto harus diakui sebagai pemilik foto tersebut, dan dinyatakan sebagai pemegang hak cipta.

Namun Slater menegaskan bahwa ia memiliki hak untuk gambar-gambar itu karena merekalah yang menyiapkan kamera, dengan monyet itu hanya menekan sebuah tombol saat fotografer itu pergi beberapa menit kemudian.

Pada tahun 2016 pengadilan memutuskan untuk membela Slater, namun setelah permohonan oleh PETA, pihak-pihak tersebut telah menyetujui sebuah penyelesaian di mana fotografer tersebut diharapkan dapat menyumbangkan 25% dari pendapatan yang dihasilkan oleh foto-foto tersebut untuk membantu melindungi habitat kera besar di Indonesia.

TAGS : PETA Person of the Year Monyet




TERPOPULER :