Sabtu, 27/04/2024 06:49 WIB

Petani India Terkejut, KA yang Ditumpangi Salah Rute Sekitar 160 Km

Sekelompok petani India terkejut saat menemukan kereta yang mereka tumpangi melaju sejauh 160km (99 mil) ke rute yang salah

India mengoperasikan 11.000 kereta api setiap hari, dimana 7.000 adalah kereta penumpang (Foto: Getty Images)

India - Sekelompok petani India terkejut saat kereta yang mereka tumpangi melaju sejauh 160km (99 mil) ke rute yang salah. Sekitar 1.500 petani bepergian ke negara bagian barat Maharashtra setelah ikut dalam demonstrasi di Delhi.

Para petani mengatakan, kereta api tersebut dijadwalkan tiba di Maharashtra melalui negara bagian Uttar Pradesh, Rajasthan dan Gujarat. Namun, rute tersebut diubah tanpa sepengetahuan mereka.

"Kami memulai perjalanan pada pukul 10 malam pada Selasa (21/11) dan sampai di Mathura di negara bagian Uttar Pradesh pada tengah malam. Sekitar pukul 04:00, kami menyadari kereta tersebut telah sampai ke negara bagian Madhya Pradesh, tidak sesuai dengan rute kami yang disepakati," kata seorang penumpan kereta, Sagar Shambhushete kepada BBC.

Shambhushete mengatakan para penumpan menghentikan kereta untuk melakukan demonstrasi di sebuah stasiun kecil bernama Banmore di Madhya Pradesh.

"Hidup kami beresiko. Kereta api  di jalur yang salah, kecelakaan bisa saja terjadi. Kami sepakat kembali ke kereta setelah pihak berwenang kereta api berjanji, kami akan selamat," katanya.

Namun pejabat perkeretaapian mengatakan keamanan petani tidak pernah berisiko. "Kereta khusus melintasi rute yang mudah dijangkau untuk operasi perkeretaapian. Penumpang mungkin merasa bingung karena rute yang berbeda digunakan dalam perjalanan pulang mereka. Tidak ada kelalaian dan pengalihan perhatian," kata perkeretaapian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Namun, ini bukan satu-satunya kejadian kereta api India yang berakhir di tempat-tempat tak terduga. Pada 2011, Sekitar 1.000 peziarah bepergian ke Varanasi kota India utara dari kota selatan Tirupati geram, tiba-tiba kereta yang ditumpangi berhenti di sebuah stasiun yang berjarak 260 km dari tempat mereka seharusnya berada.

Pejabat kereta api hanya menyebut kesalahan, saat penumpang menyerbu kantor master stasiun di Kazipet di negara bagian Andhra Pradesh, menuntut sebuah penjelasan.

Kereta tersebut diarahkan kembali ke Vijayawada, di mana kesalahan itu terjadi, sehingga bisa diacak ke jalur semula. Penumpang mengatakan bahwa meskipun perjalanan  "menyiksa" mereka merasa lega bahwa rute kereta telah diperbaiki, dan mereka tidak bertabrakan dengan kereta lainnya saat bepergian begitu lama ke arah yang salah.

KEYWORD :

Kereta India Petani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :