Jum'at, 26/04/2024 13:49 WIB

Segelas Kopi di Pagi Hari Kurangi Risiko Stroke dan Gagal Jantung

Sebelum sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan, sebaiknya Anda tidak melewatkan satu gelas kopi di pagi hari.

Ilustrasi kopi (foto: Live Science)

Jakarta - Sebelum sibuk dengan aktivitas dan pekerjaan, sebaiknya Anda tidak melewatkan satu gelas kopi di pagi hari. Meski terdengar remeh, segelas kopi ternyata berguna untuk mengurangi risiko penyakit stroke dan gagal jantung.

Para ilmuwan mendengarkan pernyataan dari 2.750 partisipan riset Framingham Heart Study atau Penelitian Jantung Framingham yang berusia rata-rata 34 tahun. Penelitian ini melacak apa yang dikonsumsi oleh peserta dan juga kesehatan jantung mereka.

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi satu gelas kopi per minggu, mengalami penurunan risiko terkena stroke sebanyak tujuh persen, dan penurunan risiko penyakit jantung sebesar delapan persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi sama sekali. 

Dikutip dari Live Science, riset ini sudah dipublikasi dalam pertemuan `American Heart Association`s Scientific Session` di Anaheim, California pada Senin (13/11) kemarin.

Perlu diketahui, penyakit gagal jantung disebabkan oleh otot jantung yang tidak mampu memompa darah yang cukup, untuk dialirkan ke seluruh penjuru tubuh.

Dan beberapa penelitian sebelumnya juga menyebutkan bahwa minum beberapa gelas kopi dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk dalam hal ini gagal jantung.

Bila penelitian sebelumnya memulai hipotesis bahwa kopi menurunkan risiko gagal jantung dan stroke, penelitian kali ini menggunakan pendekatan yang berbeda. Ilmuwan menggunakan teknik machine learning atau mesin belajar untuk mengumpulkan data dalam jumlah besar.

Dalam kasus ini, mereka mencari faktor-faktor yang menjadi penyebab stroke dan gagal jantung, termasuk usia, tekanan darah, dan kadar kolesterol. Dan, kopi ternyata cukup efektif untuk menekan risiko tersebut.

"Machine learning berguna untuk melihat data dan membantu menemukan cara baru untuk menurunkan risiko gagal jantung dan stroke," kata peneliti dan guru besar Fakultas Ilmu Kedokteran University of Colorado Dr. David Kao.

KEYWORD :

Unik Kopi Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :