Jum'at, 26/04/2024 14:09 WIB

Meikarta Diklaim Sebagai Mega Proyek Terbesar Dalam Sejarah Lippo

Pembangunan Meikarta seluas 22,000,000 m2 tahap pertama sudah di rancang sejak 2014

James Riadi

Jakarta - Meikarta, sebuah kota kaliber internasional tengah digarap perusahaan Lippo Group. Meikarta diproyeksikan berdiri di kawasan koridor antara Jakarta-Bandung, tepatnya di Cikarang. 

CEO Lippo Group James Riadi menglaim Meikarta sebagai mega proyek terbesar yang pernah digarapnya sepanjang 67 tahun sejarah perusahaannya.

"Pembangunan Meikarta seluas 22,000,000 m2 tahap pertama sudah di rancang sejak 2014. Pekerjaan fisik sudah dimulai sejak Januari 2016 dengan dibangunnya sekaligus sampai seratus gedung cakar langit masing masing 35 sampai 46 lantai. Total pekerja yang akan mencapai 65,000 orang merupakan penciptaan lapangan kerja tersendiri," ujar James dalam konferensi pers di hotel Arya Duta, Jakarta Pusat, Kamis (4/5/2017).

James menyampaikan Meikarta memiliki kapasitas kota layaknya ibukota Jakarta. Hanya saja, kata dia, jika dilihat dari tata kotanya, Meikarta akan lebih identik dengan kota Shuenzen, Tiongkok. 

"Kondisi di lapangan menunjukan dinamika pembangunan seperti pembangunan Shenzhen pada tahap awalnya," ungkapnya. 

James menyampaikan, saat ini pemerintah pusat sudah mulai bergerak cepat membangun beberapa infrastruktur penting di kawasan tersebut.

"Diantaranya, menjadikan koridor Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung sebagai `Shenzhennya RI` dan pusat ekonomi terpenting di seluruh tanah air. Kedua, Mencukupi segala kebutuhan infrastruktur dasar menunjang pembangunan ini. Ketiga, Kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung dengan investasi Rp65 trilliun. Empat, Pembangunan Patimban Deep Seaport bernilai Rp40 trilliun," sebutnya.

Selain itu, lanjut James, Pembangunan lapangan terbang baru Kertajati International Airport bernilai Rp23 trilliun. Dalam tahap pertama, kata James, Meikarta sudah memulai pembangunan 250,000 perumahan yang akan langsung menampung lebih dari satu juta komunitas perkotaan.

"Pembangunan APM Monorail menyatukan tujuh kota baru di sekitar Meikarta dan Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek Elevated Highway bernilai Rp16 trilliun," terangnya.

KEYWORD :

Lippo Group James Riadi Meikarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :