Sabtu, 27/04/2024 10:33 WIB

Bandara Kuala Lumpur Dipastikan Bebas Racun

Kepastian ini didapatkan setelah petugas keamanan melakukan sweeping di seluruh lokasi bandara.

Petugas melakukan sweeping di Bandara Kuala Lumpur (foto: AC)

Jakarta - Pasca kematian Kim Jong-nam, otoritas Malaysia menyatakan Bandara Internasional Kuala Lumpur aman dari racun. Kepastian ini didapatkan setelah petugas keamanan melakukan sweeping di seluruh lokasi bandara, sekaligus menepis anggapan racun VX yang digunakan untuk membunuh Kim Jong-nam, masih bertebaran di bandara tersebut.

“Bandara sudah aman, dan tidak ada racun apapun yang ditemukan,” kata polisi Selangor, Abu Samah Mat dilansir dari Asian Correspondent, Minggu (26/2).

Dalam konferensi tertutup, Abu Samah mengatakan bahwa sweeping dilakukan oleh kepolisian unit forensik, pemadam kebakaran, dan Badan Energi Atom Malaysia sejak pukul 01.45 sampai 03.00 waktu setempat.

Abu Samah juga menerangkan bahwa kepolisian baru bisa melakukan pembersihan hampir dua minggu pasca kematian Kim Jong-nam, sebab pihaknya harus menunggu keputusan dari Departemen Kimia yang baru merilis hasil investigasi medis pada Jumat lalu.

Racun VX yang digunakan dalam pembunuhan Kim Jong-nam merupakan salah satu senjata kimia yang mematikan. 10 miligram racun ini dapat membunuh manusia dalam hitungan menit. Bahkan polisi Malaysia melaporkan bahwa salah seorang wanita yang terpapar racun ini lewat udara mengalami muntah-muntah.

KEYWORD :

Bandara Kuala Lumpur Malaysia Kim Jong-nam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :