Jum'at, 26/04/2024 07:18 WIB

Internasional

Italia Pintu Masuk Hubungan China-Eropa

Presiden China, Xi Jinping dan sekutunya Presiden Italia, Sergio Mattarella mengadakan pembicaraan dan berjanji untuk meningkatkan hubungan bilateral

Presiden Italia Sergio Mattarella (Kiri) Presiden China Xi Jinping

Beijing - Presiden China, Xi Jinping dan sekutunya Presiden Italia, Sergio Mattarella mengadakan pembicaraan dan berjanji untuk meningkatkan hubungan bilateral, Rabu (23/2). Kedua kepala negara itu sepakat untuk mengembangkan hubungan bilateral dari perspektif strategis dan jangka panjang, serta membawa hubungan dua negara itu ke level yang lebih tinggi.

Xi menyerukan kedua negara untuk mempertahankan pertukaran tingkat tinggi dan mempererat kerja sama yang antara pemerintah, lembaga legislatif dan partai politik. XI juga mengatakan pada Mattarella, China dan Italia harus mensinergikan strategi pembangunan dan lebih berinovasi dalam pola kerja sama yang dijalin.

Kantor berita Xinhua melaporkan, kedatangan Presiden Italia, Sergio Mattarella ke China itu dalam rangka kunjungan kenegaraan mulai 21 sampai 26 Februari.

"China juga menyambut Italia untuk bergabung dalam program Belt and Road Initiative (jalur sutra modern)," ungkap Xi.

Presiden Negri Tirai Bambu itu menyerukan kerjas ama yang lebih, dalam inovasi teknologi, industri dan di bidang warisan budaya, serta mempromosikan pembangunan pusat budaya dan bahasa di negara masing-masing.

Sekertaris Jenderal Partai Komunis itu juga menekankan bahwa China juga bersedia untuk bekerja sama dengan Italia untuk mempertahankan perdamaian, pembangunan dan stabilitas dunia melalui komunikasi yang dekat pada tata kelola ekonomi global, multilateralisme dan Agenda 2030 untuk pembangunan berkelanjutan di PBB dan G20.

"China mendukung integrasi eropa dan berharap kedua belah pihak mendorong agara hubungan yang terjalin antara China-Eropa mencitrakan perdamaian, pertumbuhan, reformasi peradaban serta dapat membangun dunia yang lebih damai, terbuka, inklusif dan sejahtera," ujar Presiden China.

Mattarella menyatakan kedatangannya ke China untuk memperdalam kemitraan strategis dan komperehensif antara kedua negara. Ia juga menegaskan bahwa Italia merupakan jalan awal untuk perkembangan hubungan Eropa-China.

Italia mendukung sistem perdagangan multilateral yang terbuka dan akan meningkatkan kordinasi dengan China baik dalam urusan internasional ataupun regional.

Dalam pertemuan tersebut, Xi dan Mattarella kemudian melaksanakan penandatanganan dokumen kerja sama untuk budaya, ilmu pengetahuan, pendidikan, kesehatan, dan perdagangan.

KEYWORD :

China Itali Xi Jinping Sergio Mattarella




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :