Sabtu, 27/04/2024 11:28 WIB

Fakta, Kopi Toraja itu Ternyata...

Sampai saat ini kopi Toraja sudah menyebar dan masuk pasar di kancah nasional, bahkan memasuki pasar international.

Ilustrasi kopi

Mamasa - Mungkin Anda sudah sering mendengar yang namanya Kopi Toraja, salah satu jenis kopi yang terkenal asal Tanah Toraja Sulawesi Selatan. Daerah tersebut terkenal dengan daerah pariwisatanya yang menarik banyak perhatian, khususnya mengenai tradisi pemakaman mayat yang diletakkan di dalam goa, hingga tersisa tulang belulang.

Tapi apakah Anda tahu ternyata kopi Toraja, bukanlah merupakan kopi asli asal Toraja, melainkan kopi yang diambil dari beberapa daerah, seperti Mamasa dan Mambi yang notabennya adalah bagian dari Sulawesi Barat. Hal ini dikuatkan oleh pendapat dari salah satu tokoh asli Mamasa yaitu Ir. H. Muhammad Ridwan. Ia mengungkapkan bahwa kopi Toraja memang berasal dari luar daerah Tanah Toraja.

“Betul, kopi Toraja memang berasal dari Mamasa dan Mambi, dan itu sudah berlangsung lama. Hal ini dikarenakan tidak adanya biaya promosi dari Mamasa, sehingga kopi itu dikirim ke Toraja, kemudian di pasarkan dan diakui sebagai kopi khas Toraja,” ungkap Ridwan kepada Jurnas.com pada Senin (20/2).

Mantan anggota dewan daerah Mamasa itu juga menambahkan bahwa sebenarnya di tanah toraja memang sangat jarang yang namanya pabrik kopi. Ini berbeda halnya dengan di daerah Mamasa dan Mambi yang merupakan penghasil kopi dan memiliki pabrik sendiri untuk mengolah kopi hasil tangan petani mereka.

“Klaim kopi Toraja itu tidak menjadi masalah buat kami, karena kami menganggap bahwa Mamasa merupakan bagian dari Toraja,” kilah politisi asal Partai Bulan Bintang itu.

Sampai saat ini kopi Toraja sudah menyebar dan masuk pasar di kancah nasional, bahkan sudah bisa memasuki pasar international seperti Belanda, Jepang dan beberapa Negara lainnya di Eropa dan Asia, dengan nama Kopi Toraja Arabika. Bahkan, sempat menjadi bagian dari film Filosopi Kopi yang dibintangi oleh Chiko Jericho.[]

KEYWORD :

kopi toraja tanah toraja chiko jericho




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :