Jum'at, 26/04/2024 14:28 WIB

Misterius, Konglomerat China Ini Hilang Tanpa Jejak

Polisi Hong Hong mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki hilangnya taipan itu.

Xiao Jianhua

Hong Kong - Seorang konglomerat terkaya di Cina, Xiao Jianhua (46) menghilang secara misterius sejak pekan lalu. Miliarder China itu hingga sekaran belum ada kabar kepastian sejak diberitakan menghilang. Pada 2015 kejadian serupa terjadi, lima penjual buku hilang secara misterius. Kekhawatiran warga, hal yang sama menimpa taipan yang memiliki banyak rantai bisnis di China itu.

Polisi Hong Hong mengatakan bahwa mereka sedang menyelidiki hilangnya taipan. Kabar hilangnya Xiao, pendiri Tomorrow Group, setelah media Cina yang berbasis di luar negeri melaporkan bahwa sejumlah agen daratan membawanya dari Hong Kong pada Jumat (27/01) lalu.

Namun, melalui aplikasi pesan WeChat milik pribadinya, ia menyampaikan bahwa dirinya sedang melakukan pengobatan.
"Saya, Xiao Jianhua, saya di luar negeri melakukan perawatan medis. Saya baik-baik saja," menurut salah satu media Hong Hong.

Dua laporang itu tampaknya bertentangan dengan laporan yang disampaikan oleh polisi Hong Hong yang mengatakan sang miliader itu telah kembali ke China. Hingga sekarang kabar kehilangannya masih misterius dan polisi akan terus melakukan penyelidikan.

Xiao Jianhua, adalah pemilik kerajaan bisnis retail mulai dari perbankan, asuransi, batubara, semen, properti dan bahkan mineral langka bumi. Sebagian besar usaha yang dikendalikannya itu untuk kepentingan industri negara yang dikelola perusahaan investasinya, Tomorrow Group.

Diketahui, menurut NYT, Jianhua juga memiliki saham di Ping An, sebuah perusahaan asuransi terbesar di China, serta sebagian saham di Harbin Bank, Huaxia Bank dan Industrial Bank. Miliarder itu juga mengakuisisi setidaknya 30% lembaga keuangan yang tersebar di China.[]

KEYWORD :

miliarder china xiao jianhua




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :