Kamis, 25/04/2024 19:08 WIB

Miliarder Pendiri Alibaba Jack Ma Kunjungi Lembaga Penelitian Belanda

Big Bos Alibaba, Jack Ma

HONG KONG, Jurnas.com - Pendiri Alibaba Group Jack Ma telah mengunjungi lembaga penelitian Belanda untuk mengejar minatnya dalam teknologi pertanian. Hal itu diberitakan surat kabar Hong Kong South China Morning Post (SCMP).

Miliarder China itu jarang terlihat di depan publik sejak secara terbuka mengkritik sistem regulasi China tahun lalu. Kerajaannya segera berada di bawah pengawasan ketat dari regulator dan IPO blockbuster senilai US$37 miliar dari afiliasi fintechnya, Ant Group, ditangguhkan.

Ma, yang pernah menjadi pengusaha paling terkenal dan blak-blakan di China, muncul kembali di Hong Kong pada Oktober, di mana ia bertemu setidaknya beberapa rekan bisnis sambil makan.

Dia kemudian terbang ke pulau Mallorca di Spanyol, tempat kapal pesiar mewahnya berlabuh, perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak berselisih dengan regulator China, dua surat kabar Spanyol melaporkan pekan lalu.

SCMP, yang dimiliki oleh Alibaba, menerbitkan tiga foto Ma, bersumber dari selebaran. Foto tersebut tertanggal 25 Oktober.

Dalam dua dari foto tersebut, dia terlihat mengenakan gaun pelindung putih dan memegang pot bunga, sementara foto yang ketiga dia mengenakan jeans dan hoodie dan keterangannya mengatakan dia sedang menganalisis teknologi oleh spesialis ekstrusi aluminium BOAL Systems.

Miliarder, yang pensiun sebagai ketua Alibaba pada 2019, akan terus melakukan tur ke perusahaan-perusahaan Eropa dan lembaga penelitian yang terlibat dalam infrastruktur pertanian dan pemuliaan tanaman, menurut orang-orang yang mengetahui rencananya, SCMP melaporkan.

Ma percaya menggabungkan teknologi yang dia teliti dengan komputasi awan Alibaba, analisis data besar, dan kecerdasan buatan dapat membantu memodernisasi pertanian Tiongkok, kata orang-orang kepada SCMP.

Pada 1 September, foto-foto Ma mengunjungi rumah kaca di provinsi Zhejiang timur, rumah bagi Alibaba dan Ant, menjadi viral di media sosial China.

Hari berikutnya, Alibaba mengatakan akan menginvestasikan 100 miliar yuan (US$15,5 miliar) pada 2025 untuk mendukung kemakmuran bersama, menjadi perusahaan raksasa terbaru yang menjanjikan dukungan untuk inisiatif pembagian kekayaan yang didorong oleh Presiden Xi Jinping. (Reuters)

KEYWORD :

Miliarder China Pendiri Alibaba Jack Ma Lembaga Penelitian Belanda Teknologi Pertanian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :