Jum'at, 26/04/2024 15:10 WIB

Ini 9 Hal yang Membuat Anda Dibenci di Sosmed

Banyak hal sebenarnya yang bisa membuat orang benci pada anda. Banyak sekali kemungkinan yang membuat anda menjadi orang yang menyebalkan.

ilustrasi Sosmed

Jakarta - Banyak hal sebenarnya yang bisa membuat orang benci pada anda. Banyak sekali kemungkinan yang membuat anda menjadi orang yang menyebalkan. Tetapi di jaman kemajuan teknologi dengan perkembangan media sosial yang telah mengisi sebagian hidup orang pada jaman ini, maka hal-hal yang mungkin bagi anda `sepele` bisa menjadi hal yang memperburuk reputasi anda.

Beberapa hal yang akan mudah membuat orang tidak suka pada Anda antara lain adalah:

1. Terlalu banyak sharing foto di Facebook
Keinginan untuk membagi dunia anda dengan orang banyak seringkali membuat orang lain yang memang tidak memiliki kedekatan dengan anda merasa tidak nyaman. Begitu pula sebaliknya terlalu banyak mempublikasikan sehebat apa pergaulan anda bisa membuat orang yang dekat dengan anda juga menjadi tidak nyaman.

Salah satu peneliti yang meneliti kecenderungan itu yakni Ben Marder mengatakan,"Berhati-hati saat sharing di media sosial, pikirkan bagaimana hal-hal iti berpengaruh bagi banyak orang. Walaupun bisa menyenangkan bagi seseorang yang dekat (mungin) tetapi bisa membawa merusak pada pertemanan yang lain,"

2. Punya teman Facebook terlalu banyak atau terlalu sedikit
Bagi yang punya Facebook sampai menulis kata --full di belakangnya sudah pasti pengguna Facebook itu adalah seorang `abuser` kelas berat. Di Indonesia kecenderungan itu cukup banyak dan terbukti tidak membawa manfaat apapun bagi orang di sekitarnya kecuali menjadi gangguan. Bagi yang punya teman hanya sedikit orang malah curiga apakah anda mempunyai `pergaulan`?

3. Membuka hal yang sangat pribadi saat baru memulai suatu hubungan
Ahli psikologi mengatakan membagi pada hubungan awal sebaiknya berlaku untuk hal yang nyaman saja semisal kenangan masa kecil atau hibi. Saat anda mulai cerita tentang reputasi buruk saudara anda barangkali calon yang sedang anda jajagi kemungkinannya bisa merasa tidak nyaman. Susan Sprecher dari Illinois State University mengatakan bahwa kunci menjalani hubungan di awal adalah menjalin hubungan personal yang tidak sangat personal. Cukup yang nyaman-nyaman saja.

4. Bertanya pada orang lain tanpa pernah menceritakan diri anda.
Studi dari Susan Sprecher juga mengungkapkan bahwa saat anda membuka diri anda menunjukkan adanya suatu kedekatan. Tetapi hal itu harus berasal dari dua belah pihak. Orang umumnya tidak suka saat anda ingin tahu tentang hal yang personal tetapi anda tidak cerita lebih dahulu.

5. Posting Foto Close-Up di Profil
Peneliti menganjutkan agar foto Close-up menghadap kamera dengan jarak sekitar 45 centimeter sebaiknya dihindari.Karena orang akan menilai anda tidak tulus, tidak menarik, dan terlalu formal.

6. Menyembunyikan emosi anda
Peneliti mengungkapkan bahwa mengungkapkan emosi anda tentang sesuatu adalah hal yang dicari orang dalam media sosial. Jadi bagi para pengguna Twitter yang tidak pernah posting apapun jangan harap orang akan mempedulikan anda. Ungkapkan emosi anda tetapi jangan berlebihan akan membuat orang menyukai anda dan akan menjadi followers yang baik.

7. Bertindak sebagai orang baik (acting too nice)
Peneliti dari Washington State University pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa orang tidak selalu tertarik saat anda berlaku sebagai orang yang terlalu baik. Saat anda bisa berkata tidak untuk sesuatu hal dan anda bisa menjelaskan dengan baik alasannya orang akan menjadi lebih bersimpati.

8. Terlalu merendahkan diri anda
Sikap ini sangat tidak membantu misalnya saat anda sedang dalam wawancara suatu pekerjaan. Pencari kerja akan lebih suka orang yang jujur daripada orang yang terlalu merendahkan dirinya.

9. Gampang canggung
Jangan pernah terlihat berkeringat dingin saat sedang menghadapi situasi apapun. Peneliti mengungkapkan bahwa keringat dingin yang muncul bisa membuat penilaian orang lain pada anda langsung merosot. Penelitian pada tahun 2013 di Monell Chemical Senses Center membuktikan bahwa bau keringat yang muncul saat anda merasa cemas membuat orang lain, biasanya yang sedang anda cari simpatinya, merasa tidak berkenan. Apa obatnya jika anda terlanjur gampang berkeringat? Belilah deodoran yang mahal dan pakailah.[]

KEYWORD :

penelitian Sosial Media Sosmed




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :