Minggu, 28/04/2024 07:51 WIB

Genjot Kualitas Riset, Tanoto Foundation Beri Hibah ke DIPI

Genjot Kualitas Riset, Tanoto Foundation Beri Hibah ke DIPI

Tanoto Foundation memberikan hibah penelitian kepada DIPI (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas riset serta mendorong produktivitas peneliti nasional, Tanoto Foundation bersama Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), memberikan hibah kepada Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI).

Hibah ini diberikan mengingat sulitnya mencari dukungan untuk membiayai proyek penelitian serta sistem penganggaran dan pelaporan keuangan yang tidak fleksibel. Ditambah dengan tidak adanya infrastruktur untuk mengalokasikan dan mengalirkan dana untuk peneliti.

"Riset adalah bagian penting dalam dunia pendidikan, dan melalui sumbangan ini kami harap dapat mendorong para peneliti Indonesia menghasilkan lebih banyak publikasi dan paten, upaya ilmiah yang lebih produktif di semua bidang, dan pada akhirnya menghasilkan lebih banyak inovasi untuk kemajuan Indonesia," kata CEO Global Tanoto Foundation, Satrijo Tanudjojo dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu (12/4).

Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia, Satryo Soemantri Brodjonegoro, dalam kesempatan yang sama memberikan apresiasi atas dana hibah ini. Menurut dia, pemberian hibah penelitian dari yayasan dan perusahaan swasta kepada dosen dan peneliti, belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia.

"Sumbangan ini akan membantu peningkatan kualitas pengajaran dan pembelajaran para dosen serta membantu peneliti melakukan penelitian yang sesungguhnya," terang dia.

Diketahui, DIPI merupakan sebuah badan otonom yang menyediakan pendanaan kompetitif bagi para peneliti Indonesia untuk melakukan penelitian berstandar internasional untuk membangun daya saing Indonesia secara global. Lembaga ini dibentuk oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) pada 2016 silam.

Dana yang dikumpulkan ini nantinya akan digabungkan dengan hasil penggalangan lainnya menjadi dana abadi atas riset dan teknologi non Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), dan akan dikelola oleh tim yang dibentuk oleh AIPI-DIPI atas persetujuan Ketua AIPI dan diawasi oleh Dewan Pengawas yang diketuai oleh Ketua AIPI.

KEYWORD :

DIPI Riset Penelitian Publikasi Ilmiah Tanoto Foundation




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :