Sabtu, 27/04/2024 19:58 WIB

Suka-Duka Alumnus Beasiswa Teladan Ajak Gen Z Jadi Petani

Suka-Duka Alumnus Beasiswa Teladan Ajak Gen Z Jadi Petani

Widya (paling kanan) membantu petani (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Mengajak generasi Z atau gen Z menjadi petani bukan perkara mudah. Hal ini dirasakan oleh Widya Hasian Situmeang, alumnus penerima beasiswa Teladan Tanoto Foundation.

Berasal dari keluarga sederhana di Pekanbaru, Riau, Widya merantau ke Bogor untuk menuntut ilmu di Jurusan Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (IPB).

Widya mengisahkan, lolos seleksi beasiswa program Teladan Tanoto Foundation adalah salah satu loncatan besar dalam hidupnya. Semasa aktif di Tanoto Scholars Association (TSA), dia bergabung ke divisi sosial.

Di divisi inilah, dia terpantik untuk menginisiasi berbagai program sosial berbasis desa. Hal itu pula yang mengantarkannya pada jenjang pendidikan pasca sarjana (magister) dengan fokus pada Sosiologi Pedesaan.

"Di sini, saya merasakan sekali manfaat berbagai program yang ada di Tanoto Scholars Association," kata Widya dalam buku `INSPIRE, Mozaik Kisah Para Teladan` yang dikutip pada Jumat (19/5).

Peneliti dan pengajar sekolah vokasi IPB ini juga aktif sebagai volunteer di Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP). Di organisasi ini, Widya makin banyak berinteraksi dengan kehidupan masyarakat pedesaan.

"Di sini, saya juga menemukan celah peluang untuk berkontribusi lebih jauh," kata dia.

Salah satu program yang menjadi perhatian serius Widya adalah regenerasi petani. Setelah berkecimpung di lapangan, dia menyadari bahwa makin sedikit anak muda, terutama generasi Z, yang mau berkiprah sebagai petani.

Karena itu, dia aktif bekerjasama dengan unsur pemerintah daerah untuk mendorong generasi Z agar mau terjun ke sektor pertanian.

"Tujuannya adalah mempersiapkan SDM petani unggul sehingga bisa berinovasi di kemudian hari," tutur Widya.

Widya mengakui, butuh strategi tersendiri untuk berkomunikasi dengan Generasi Z. Sebab, mereka memiliki ekspektasi sendiri, sehingga penting untuk membuka ruang-ruang diskusi dan memperkenalkan dunia pertanian dengan narasi yang sejalan dengan pemikiran mereka.

"Ini tantangan bagi siapapun yang ingin membuat generasi Z tertarik pada dunia pertanian," kata dia.

Sementara itu, CEO Global Tanoto Foundation Dr. J. Satrijo Tanudjojo mengatakan, Tanoto Foundation aktif mendorong terwujudnya kesetaraan peluang melalui Pendidikan berkualitas, termasuk akses perguruan tinggi melalui program kepemimpinan dan beasiswa melalui program TELADAN. Komitmen tersebut terus dilakukan sejak 2006.

"Selama hampir dua dekade, para penerima beasiswa Teladan telah lulus, berkarier, dan berkontribusi nyata bagi masyarakat, komunitas, dan lingkungan," jelas Satrijo, pada Jumat (19/5).

Selama periode 2006 hingga 2022, Tanoto Foundation telah memberikan beasiswa kepada 8.167 mahasiswa di sembilan universitas mitra program Teladan di Indonesia.

KEYWORD :

Beasiswa Teladan Widya Hasian Situmeang Gen Z Tanoto Foundation Petani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :